Cegah Karhutla, Sertu Ardian Agus Minta Masyarakat Jangan Bakar Hutan dan Lahan

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Babinsa Kuala Gasib Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Sertu Ardian Agus meminta masyarakat jangan membakar hutan dan lahan. Hal itu dilakukan guna mencegah terjadinya karhutla. 

"Kita ingin masyarakat tidak membakar hutan dan lahan, karena dapat merusak ekosistem hutan dan menyebabkan polusi udara," kata Sertu Ardian Agus saat melakukan sosialisasi Karhutla di lokasi yang dinilai rawan terhadap kebakaran hutan dan lahan, Senin (22/11/2021).

Ia juga melakukan penyisiran bersama masyarakat dan tidak menemukan titik api. "Saat ini Kampung Kuala Gasib nihil dari titik api," kata dia.

Perihal membuka lahan, lanjut dia, kan masih ada cara lain dalam membuka lahan, tanpa harus dibakar. "Bisa saja melakukan  secara manual melalui menebas, menyabit atau lain sebagainya, dan bisa juga meminjam alat berat ke Pemerintah untuk membuka lahan, yang jelas jangan dibakar," jelas dia.

Sosialisasi dan patroli Karhutla bersama Babinsa dan masyarakat disambut antusias. "Masyarakat Kuala Gasib berjanji tidak akan membakar hutan dan lahan, apabila terbukti mereka siap di hukum. Bisa dipenjara paling lama 10 tahun," tegasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar