Lakukan Patroli Karhutla, Serda Venus Luberto Sampaikan Ini

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Babinsa Perawang Barat Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Serda Venus Luberto melakukan patroli kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kampung Perawang Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Dalam melakukan patroli bersama masyarakat, Ia mengingatkan masyarakat agar jangan membakar hutan dan lahan. Karena akan menyebabkan polusi udara dan merusak ekosistem hutan. 

"Kita tegaskan kepada masyarakat, jangan membakar hutan dan lahan, kalau terbukti langsung kita hukum, bisa dipenjara paling lama 10 tahun," kata Serda Venus Luberto kepada Riau Bernas, Sabtu (13/11/2021).

Perihal membuka lahan, lanjut dia, kan masih ada cara lain dalam membuka lahan, tanpa harus dibakar. "Bisa saja melakukan  secara manual melalui menebas, menyabit atau lain sebagainya, dan bisa juga meminjam alat berat ke Pemerintah untuk membuka lahan, yang jelas jangan dibakar," jelasnya.

Ketika melakukan penyisiran ke lokasi yang dinilai rawan terhadap kebakaran hutan dan lahan di Perawang Barat, pihaknya tidak  menemukan titik api. "Saat ini Kampung Perawang Barat nihil dari titik api," kata dia. 

Sosialisasi dan patroli Karhutla bersama Babinsa disambut antusias oleh masyarakat. "Masyarakat Perawang Barat berjanji tidak akan membakar hutan dan lahan, apabila terbukti mereka siap di hukum," pungkasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar