Cegah Karhutla, Serma Edy Suprianto Sisir Hutan Dan Lahan

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Guna mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Babinsa Tasik Seminai Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis  Serma Edy Suprianto menyisir hutan dan lahan di Kampung Tasik Seminai Kecamatan Koto Gasib.

Satu persatu lokasi yang dinilai rawan terbakar disisir oleh Serma Edy Suprianto bersama masyarakat. Dalam penyisiran, dirinya tidak menemukan titik api. "Saat ini Kampung Tasik Seminai nihil dari titik api," jelas Serma Edy Suprianto kepada Riau Bernas, Selasa (19/10/2021).

Serma Edy Suprianto meminta masyarakat Tasik Seminai jangan membakar hutan dan lahan, karena memiliki dampak yang cukup besar. "Dampaknya cukup besar, dari merusak ekosistem hutan hingga menyebabkan polusi udara," kata dia. 

Perihal lahan, lanjut dia, kan masih ada cara lain dalam membuka lahan, tanpa harus dibakar. "Bisa saja melakukan  secara manual, melalui menebas, menyabit atau lain sebagainya, dan bisa juga meminjam alat berat ke Pemerintah untuk membuka lahan, yang jelas jangan dibakar," ingatnya. 

Bagi masyarakat Yang terbukti melakukan pembakaran hutan dan lahan, siap-siap dipidana. "Kalau terbukti membakar hutan dan lahan, langsung di penjara paling lama 10 tahun," tegasnya. 

Masyarakat berpendapat, dengan adanya Patroli Karhutla bersama Babinsa dan masyarakat, hal itu sangat bermanfaat. "Masyarakat Tasik Seminai berjanji akan mengikuti arahan disampaikannya itu," pungkasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar