Kopda Heri Kiswanto Minta Masyarakat Jangan Bakar Hutan Dan Lahan

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Babinsa Tualang Timur Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Kopda Heri Kiswanto meminta masyarakat jangan bakar hutan dan lahan.

Hal itu disampaikan dirinya, saat melakukan penyisiran bersama masyarakat di daerah rawan terbakar di Kampung Tualang Timur Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

"Dampaknya dari Kebakaran hutan dan lahan cukup besar, mulai merusak ekosistem hutan, dan menyebabkan polusi udara," kata Kopda Heri Kiswanto kepada Riau Bernas, Jum'at (27/8/2021).

Diceritakan dia, dampak yang begitu besar, masyarakat diharapkan kesadarannya untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, sehingga bisa mencegah hutan dan lahan tidak terbakar.

Kepada masyarakat, Kan masih ada cara lain membuka lahan tanpa harus membakar, "Kalau membakar resiko sangat besar. Bisa dengan cara manual seperti menebas menggunakan parang, sabit maupun yang lain, bisa saja ajukan ke pemerintah untuk meminjamkan alat berat, yang jelas jangan dibakar lahan itu," ingat dia.

Saat melakukan penyisiran dan sosialisasi Karhutla, Dirinya tidak menemukan titik api "Saat ini, Kampung Tualang Timur nihil dari titik api. Bagi pelaku pembakar hutan dan lahan, siap siap dipenjara paling lama 10 tahun," tandasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar