GMT Anugerah Tuhan Bagi Indonesia, Ini Alasannya...

Istimewa

JAKARTA, RIAUBERNAS.COM – Gerhana Matahari Total  (GMT) tahun ini begitu istimewa. Banyak astronom dunia menyebut, GMT 2016 ini adalah anugerah Sang Pencipta bagi Indonesia.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, Minggu (6/3/2016), seperti dikutip jpnn.com. Menurutnya, pujian itu tidak lah berlebihan.

Katanya, pertama memang hanya wilayah Indonesia saja yang dilewati oleh fenomena langka tersebut. Wilayah lainnya adalah berupa hamparan lautan di Samudra Pasifik dan berakhir di Hawaii.

"Kedua, Di wilayah Indonesia, GMT menciptakan bayangan bulan berbentuk elips seluas 100-150 km di 11 provinsi di Indonesia," katanya.

Jadi, lanjutnya, masyarakat bisa menyaksikan fenomena tersebut di Indonesia barat pada pukul 07.30 WIB, Indonesia tengah pada 08.35 WITA, dan Indonesia timur pada pukul 09.50 WIT.

"Ketiga, warga dunia juga antusiasi menyambut GMT di Indonesia karena GMT pada Rabu pagi, 9 Maret nanti adalah yang pertama terjadi pada abad ke-21," ujarnya.

Dan yang terakhir, jika melewatkan momen GMT pada tanggal 9 Maret 2016 nanti maka baru bisa menikmatinya lagi pada 20 April 2023.

"Karena itu, jangan lewatkan kesempatan yang langka ini," tandasnya. (***)



Editor    : Ai


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar