Tinjau Vaksinasi Gotong Royong Perdana di Riau, Ini Harapan Bamsoet

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo menyaksikan pemberikan Vaksinasi Gotong Royong kepada karyawan RAPP (APRIL Group) yang perdana di Riau.

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Saat mengunjungi PT. RAPP, Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo juga menyempatkan diri meninjau pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong bagi Pekerja di RAPP yang telah memasuki hari kedua, pada Jum'at (4/6/2021).

Ketua MPR-RI itu berharap, dengan adanya program vaksinasi dari Pemerintah dan juga vaksinasi Gotong Royong ini, selain mempercepat target kekebalan massal atau herd immunity, juga dapat membuat kondisi kembali normal dan memulihkan kondisi perekonomian nasional.

“Vaksinasi Gotong Royong yang pertama kali di sektor industri kehutanan dan perkebunan di Riau, tadi saya lihat semua berjalan lancar tidak ada satu masalah apapun, semoga vaksinasi ini bisa memberikan herd immunity bagi masyarakat, karena RAPP sudah membeli vaksin ini untuk didistribusikan kepada seluruh karyawan,” ujar Bamsoet usai bertemu karyawan penerima vaksin di Sekolah Mutiara Harapan, Riau KompleksPT. RAPP.

Sementara itu, Presiden Direktur RAPP, Sihol Aritonang menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi Gotong Royong merupakan bentuk kontribusi Grup APRIL dalam menyukseskan Program Vaksinasi Nasional sebagai agenda prioritas pemerintah yang bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia guna memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19. 
 
“Vaksinasi ini merupakan upaya perusahaan yang selalu menempatkan kesehatan dan keselamatan karyawan sebagai prioritas utama. Vaksin ini memberikan perlindungan bagi karyawan kami untuk tetap bekerja di era new normal ini dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional khususnya di sektor Hutan Tanaman Industri,” jelasnya.

Presiden Direktur PT. RAPP ini mengatakan, secara total, grup RGE Indonesia mengalokasikan sebanyak 43.474 dosis vaksin COVID-19 Sinopharm yang akan diberikan kepada karyawan RGE di seluruh Indonesia secara bertahap. Pada tahap awal, sebanyak 6.000 dosis akan diberikan dan mulai didistribusikan pada akhir Mei ini.

"Pada vaksinasi tahap pertama, sebanyak 1.800 karyawan perusahaan akan menerima vaksin dan secara bertahap akan menjangkau seluruh karyawan dan keluarga. Pelaksanaan vaksin berlangsung selama 6 hari mulai 3-10 Juni 2021 dan melayani 300 orang per harinya," kata Sihol.

Masih menurut Sihol Aritonang, RGE mengelola pendistribusian vaksin COVID-19 bagi unit usaha di bawahnya yang bergerak di sektor hutan tanaman industri, perkebunan dan manufaktur, antara lain APRIL, Asia Pacific Rayon (APR), Asian Agri, Apical, dan Pacific Oil and Gas (PO&G) serta Tanoto Foundation. "Pemberian vaksin COVID-19 akan tersebar di beberapa wilayah meliputi Jakarta, Pelalawan, Medan, Dumai, Balikpapan, Jambi dan Kalimantan," terangnya. 
 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan, Vaksinasi Gotong Royong untuk pekerja yang diinisiasi oleh Kadin Indonesia merupakan bentuk kerjasama antara swasta dan pemerintah dalam mencapai kekebalan komunal sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Sebagaimana diketahui, dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 10 Tahun 2021 dinyatakan program vaksinasi Gotong Royong diberikan kepada karyawan termasuk keluarga dan individu yang pembiayaannya dibebankan kepada badan hukum atau badan usaha di Indonesia. (Sam) 

?????


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar