Polres Rohil Ungkap Begal, Korban Tewas Bersimbah Darah

Conpress pengungkapan kasusu begal diruang Selasar Mapolres Rohil

ROKAN HILIR (Riaubernas) - Kurang dari 4 hari, 1 tersangka Begal atau Pelaku Tindak Pidana Pencurian dengan Kekerasan (Curas) viral Kamis (20/5/21) di Gang Kenopan Balam KM 8 Bangko Pusako 

Pelaku ditangkap personel gabungan Polres Rokan Hilir dan Polsek Bangko Pusako Diketahui, pelaku masih anak bawah umur (NBK) berasal dari Dusun Kebun Kencana Kecamatan Balai Jaya, Rokan Hilir.

“Pelaku begal sepeda motor di Gang Kenopan Balam KM 8 Kecamatan Bangko Pusako anak dibawah umur yang usianya baru beranjak 14 tahun dan tidak bersekolah,” 

Kata Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH SIK melalui Kasubbag Humas AKP Juliandi SH, Saat Conpress diruang Selasar Mapolres. Selasa (25/5/21) Sekitar jam 17.00 Wib.

Penangkapan terhadap pelaku, didapati berada di rumah kakaknya di dusun Kencana Pasir Putih Balai Jaya pada Senin, (24/5/21) sekira jam 21.10 Wib

Pelaku sempat berdalih dari petugas, namun akhirnya mengakui  pencurian dengan kekerasan terhadap korban Joshua Simamora yang mengakibatkan korban meninggal dunia.

Adapun yang diamankan dari pelaku, 1 unit R2 tanpa nopol Jenis Honda merek Verza CB150 dan Hand Phone Merk Oppo seri A5S ditemukan dalam tas ransel warna coklat milik pelaku. 

Sementara untuk barang bukti pisau yang digunakan pelaku melakukan curas itu disimpan disamping warung sampah milik rambe Balam km 2 dan akhirkan Pisau ditemukan dilokasi malam pasca penangkapan.

Pelaku kini sudah ditahan, namun mengingat usia masih 14 tahun, untuk penyelidikan maka diproses berdasarkan UU No 11 tahun 2012 tentang sistem peradilan pidana anak. 

"Motip pelaku hingga menghilangkan nyawa korban didasari ingin memiliki honda verza.,"sebut Juliandi 

Sebelum pelaku melakukan pembunuhan, terlebih dahulu pelaku dengan cara berpura-pura minta hentikan sepeda motor dikendarai korban untuk menyalakan rokok pelaku 

Pada saat itu, pelaku mengambil pisaunya sudah diselipkan menikam bagian kepala korban dan bagian tubuh lainnya hingga jatuh kebawah.

Kronologis begal sepeda motor dan meninggalnya korban itu berawal saat pelaku (penumpang ojek) datang ke rumah Linton Simamora (orang tua korban) di Jalan Pelajar Kepenghuluan Bangko Jaya Kecamatan Bangko Pusako, Rokan Hilir untuk meminta diantarkan ke Gang Kenopan Kepenghuluan Bangko Pusaka pada Kamis 20 Mei 2021 sekira pukul 18.12 Wib.

"Dari hasil keterangan dari orang tua korban diketahui, awalnya mau mengajak korban  antar penumpang ke gang kenopan mengarah kampung suka makmur. Bertepatan itu korban mengatakan kepada orang tuanya "udah pak biar aku sendiri yang antar, inikan orang yang pernah kita antar". Kata Korban Joshua pada saat sebelum kejadian.

Dari situlah,terang juliandi, korban lalu bergegas mengantarkan penumpang dengan sepmor Verza Warna Hitam menuju ke gang kenopan 

Kemudian sekitar satu jam telah kepergian anaknya, mendengar informasi kabar dari warga Ramadhan pulungan yang hendak pergi ke mesjid.

"Melihat Joshua Simamora (anak korban) kesendirian tergeletak ditengah jalan dengan bersimbah darah dibagian tubuh.,"terangnya 

Mendengar informasi itu, terangnya Bapak dari korban menuju kelokasi dan melihat kondisi anak nya dan memberitahukan pihak berwajib

Mendapat informasi dengan gerak cepat Kapolsek Bangko Pusako AKP Kornel Sirait SH, Team Identifikasi dan Kanit I (Pidum) Sat Reskrim Polres Rokan Hilir IPDA Ryan Eka Setiawan S.Tr.K beserta tim medis puskesmas Bangko jaya menuju ke TKP 

"Dari hasil pemeriksaan terhadap korban, bahwa korban telah meninggal dunia.,"jelas Juliandi 

Sementara hasil visum terhadap korban ditemukan 16 luka ditubuh korban, antara lain bagian Kepala tengah, Kepala belakang, Pelipis mata kiri, Luka Robek diatas bibir, Luka leher kiri, Bahu kiri, Lengan atas kiri, Lengan kiri bawah, Lengan kanan bawah

Luka sayat hidung kiri, luka tusuk perut luar sebelah kanan, dan kepala belakang sebelah kiri dari telinga kiri.

Selain itu juga luka Garis tengah punggung, luka gores kepala dari telinga kiri keleher, luka gores punggung kiri dan luka gores leher kanan.(Syofyan Rambah)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar