Serda Sarju Ingatkan Warga Agar Tidak Membakar Hutan Dan lahan

SIAK, RIAUBERNAS.CIM - Babinsa Kampung Tualang Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Serda Sarju mengingatkan masyarakat Tualang untuk tidak membakar hutan dan lahan. Karena dampak dari Karhutla itu cukup besar. 

"Dampaknya cukup besar, seperti menimbulkan polusi udara dan merusak ekosistem hutan. Jadi jangan main main," ingat Serda Sarju kepada Riau Bernas, Rabu (5/5/2021).

Serda Sarju juga mengingatkan warga Kampung Tualang secara door to door, bahkan sampai cek lokasi dengan masyarakat peduli api dan BhabinKabtimas Kampung Tualang. Dalam pengecekan lahan maupun hutan perusahaan itu tidak ditemukan titik api, artinya, "Saat ini Kampung Tualang nihil dari titik api," tambah dia. 

Dirinya juga melaksanakan pengecekan parit dan embung penampungan air.
"Kita pastikan ketersediaan air di parit maupun Embung penampungan air ada, apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan, api dapat segera dipadamkan karena ketersediaan air sangat memadai," kata dia lagi. 

Dia memberikan imbauan dan pemahaman kepada masyarakat agar mencegah terjadinya karhutla dengan tidak membakar sampah dikebun seperti tumpukan pelepah, tangkos maupun rumput kering. "Apabila kedapatan membakar hutan dan lahan siap siap di penjara paling lama 10 tahun," tandasnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar