Banjir Belum Surut, Alfedri Sebut Perlu Penanganan Yang lebih Komprehensif

Bupati Siak Alfedri saat meninjau banjir di Tualang.

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Bupati Siak Alfedri menyebutkan perlu penanganan yang lebih komprehensif terkait banjir di Kecamatan Tualang yang saat ini belum juga surut. Banjir yang merendam ratusan rumah warga di empat kampung yaitu Kampung Tualang, Pinang Sebatang, Kelurahan Perawang dan Pinang Sebatang Timur.

"Dalam waktu dekat, penanganan banjir yang bisa dilakukan itu normalisasi sungai. Cuma masalahnya saat ini tempat kita lebih rendah dari permukaan sungai Siak. Ini bukan aliran, ini perlu penanganan yang lebih komprehensif. Tadi kita sudah berkordinasi dengan Kadis PU untuk turun ke lokasi agar lakukan kajian," jelas Bupati Siak Alfedri saat meninjau banjir di Kampung Tualang, Selasa sore (27/4/2021).

Menurutnya, mengatasi banjir di Kecamatan Tualang ini harus dilakukan secara permanen. "Apakah harus dengan sistem pintu air, seperti yang ada di daerah lain lah, kalau menggunakan pintu air, kalau pasang ditutup, waktu ada hujan dari hulu sungai Perawang, nanti dekat pintu air itu, membantu buang air dengan pompa. Itu paling mungkin dilakukan, cuman anggaran besar," sebut Ketua DPW PAN Provinsi Riau itu.

Alfedri juga meminta Dinas PU untuk membuat usulan ke Balai Wilayah Sungai Kementerian PU. "Mudah-mudahan dapat dukungan dari anggaran APBN bekerjasama dengan APBD, sinergikan anggaran itu, bagi yang terdampak banjir sudah kita bantu dengan sembako," tutup Alfedri. (Adv/Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar