Terkait Adanya Dugaan Tentang Dana Bumdes di Desa Bukit Selanjut

Pj Bupati Inhu Minta, Dinas Terkait Tindak Lanjuti Dugaan Masalah di Desa Bukit Selanjut

Pj Bupati Inhu Chairul Riski.

INHU, RIAUBERNAS.COM - Pada pemberitaan sebelumnya, BUMDes Harapan Mitra Cemerlang Desa Bukit Selanjut Kecamatan Kelayang, yang bersumber dari Dana Desa (DD) 150 juta dan Bantuan Keuangan Khusus Provinsi 200 juta diperuntukan untuk pengembangan Usaha Desa tahun 2019 lalu tanpa pertangung jawaban, diduga pelaksanaannya fiktif.

Anehnya lagi, Direktur BUMDes dan Bendahara tidak dilibatkan dalam pelaksanaannya, bahkan anggaran yang sudah dikucurkan tahun 2019 tanpa ada pertangung jawaban, hal tersebut di ungkapkan oleh Linda bendaha BUMDes Harapan Mitra Cemerlang.

Pendamping BUMDes Kecamatan Kelayang Muspidin Badri, SE juga mengatakan hal yang sama seperti apa yang dikatakan Ketua BUMdes Harapan Mitra Cemerlang dan Bendahara, anggaran tahun 2019 yang dikucurkan ke rekening BUMDes tidak mengetahui untuk apa. Dana 2019 belum terealisasi sedangkan di Rekening BUMDes sudah melakukan pencairan, untuk tanggal kapan pencairan kurang tahu pasti, tapi dicatatan ada.

"Anggaran bersumber dari BKK 200 juta dan DD 150 juta, total jumlahnya 350 juta. Kalau fisik tidak ada boleh dikatakan fiktip, saya selaku pendamping BUMDes Kecamatan sudah melalukan konfirmasi kepada ketua BUMDes, semua tidak ada," jelas Muspidin Badri, SE.

Bahkan untuk memastikan, Pihak pendamping juga turun kelapangan untuk melakukan investigasi untuk melihat realisasinya, namun tidak ada juga bentuk fisiknya. Padahal mereka sudah melakukan pencairan dua kali di tahun 2019.

"Kita sudah turun kelapangan, namun tidak kunjung ada ralisasinya. Jika kepala desa beralasan uang itu untuk menganti rugi lahan yang katanya untuk pembangunan embung, itu pun tidak boleh, karena tidak ada juknisnya. Lebih jelas tanya juga sama pendamping Desanya pak, disitu ada juga sumber dari DD nya," tutup Muspidin Badri. 

Terkait adanya dugaan tersebut membuat Pj Bupati Inhu Chairul Riski angkat bicara, dan minta kepada OPD terkait untuk menindak lanjuti adanya infomasi masalah BUMDes di Desa Bukit Selanjut Kecamatan Kelayang.

"Saya akan perintahkan OPD terkait untuk menindak lanjuti Informasi yang ada di Desa Bukit Selanjut terkait Bumdes, karena masalah ini sudah viral di media elektronik," ungkap Chairul Riski, Senin 26 April 2021. (Pt) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar