Sungai Mandau Meluap, Puluhan Rumah di Muara Kelantan Terendam

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Pasca hujan mengguyur Kecamatan Sungai Mandau sejak seminggu yang lalu, membuat Sungai Mandau meluap. Akibatnya puluhan rumah di Kampung Muara Kelantan Kecamatan Sungai Mandau terendam banjir, bahkan sampai sepinggang orang dewasa.

"Rumah terendam terus bertambah, kemaren terdata ada 34 rumah terendam dan sudah diberikan bantuan dari Pemkab Siak malam tadi," kata Penghulu Muara Kelantan Amir Mahmud kepada awak media, Minggu (25/4/2021).

Diceritakan Amir, dugaan banjir dikarenakan meluapnya sungai Mandau karena intensitas hujan sangat tinggi akhir- akhir ini. Tenda Pengungsi bekerjasama dengan Dinsos dan BPBD telah didirikan sebanyak 2 buah dan beserta logistik telah disiagakan. 

"Alhamdulillah terimakasih kepada bapak Bupati Siak, Dinas sosial, BPBD Kabupaten Siak, bapak camat beserta UPIKA cepat responnya, sehingga malam tadi bantuan tenda, sembako lengkap, pakaian dewasa pria dan wanita, pakaian anak-anak, kelengkapan kebersihan dewasa dan anak-anak, indomi dan air mineral sudah di distribusikan," jelas Amir

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Siak, Wan Idris mengaku dapat laporan dari Camat Mandau terkait warganya yang terkena musibah banjir langsung turun ke lokasi. Hal ini disebabkan hujan yang terus-menerus hampir setiap hari. 

Berdasarkan laporan itu, Dinas Sosial sesuai tugas dan fungsinya menyiapkan bahan logistik, sandang pangan, dan tenda pengungsi.

"Masyarakat yang terkena musibah dapat segera dibantu kebutuhan dasarnya. Kita juga bekerjasama dengan BPBD Siak terkait penyiapan tenda pengungsi. Kami berharap musibah banjir ini dapat segera berlalu agar masyarakat yang terkena musibah bisa beraktivitas kembali seperti biasa," harap Kadis. (Adv/Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar