Alfedri Tanggapi Pandangan Fraksi Han-Nas, Tenaga Tempatan Diprioritaskan

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Bupati Siak Alfedri juga menanggapi pandangan fraksi Han-Nas yang dibacakan oleh anggota DPRD Kabupaten Siak Rusmin dalam Rapat Paripurna pada Senin (19/4/2021) di lantai 2 kantor Bupati Kabupaten Siak. 

Rusmin dari Fraksi Han - Nas DPRD Kabupaten Siak meminta agar Pemerintah Daerah lebih aktif dalam mengelola potensi PAD untuk mengurangi ketergantungan terhadap dana perimbangan, dengan melakukan pengoptimalisasian PAD dari sumber-sumber pajak daerah dan retribusi daerah yang sudah ada.

Alfedri mengatakan bahwa hal itu juga sudah menjadi prioritas bagi Pemerintah Daerah dan terus akan ditingkatkan. Mengenai pertanyaan saudara (Rusmin, red) tentang solusi atau kebijakan yang dilakukan untuk memperbaiki penurunan beberapa sumber pendapatan daerah di tahun 2021.

"Kami jelaskan bahwa langkah-langkah yang akan dilakukan antara lain, Tetap melakukan update data terhadap potensi pajak daerah dan retribusi daerah dengan berkoordinasi pada instansi terkait sampai ke kecamatan dan kampung-kampung," jelas alfedri. 

Menanggapi pertanyaan Rusmin terkait harapannya agar Pemerintah Kabupaten Siak cepat tanggap terhadap tingkat pengangguran di Kabupaten Siak yang meningkat akibat dampak Covid-19.

Bupati Alfedri menjelaskan beberapa langkah yang telah dilaksanakan antara lain. "Pemerintah Daerah telah mewajibkan kepada Perusahaan yang berada di Wilayah Kabupaten Siak untuk mempekerjakan/memprioritaskan Tenaga Kerja Lokal/Tempatan sebagaimana diatur dalam Perda Nomor 11 Tahun 2001. Menyiapkan SDM melalui Peningkatan Peserta Pelatihan di BLK Siak maupun bekerjasama dengan Balai Besar Latihan Kerja yang berbasis Kompetensi," pungkas Alfedri. (Adv/Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar