Antisipasi Karhutla, Serda Purnomo Cek Kebun Warga

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kampung Rantau Panjang, Babinsa Rantau Panjang Koramil 10 Perawang Kodim 0303/Bengkalis Serda Purnomo melakukan pengecekan kebun sawit warga yang dinilai rawan terjadi Kebakaran hutan dan lahan.

"Kita memastikan agar hutan dan lahan di Kampung Rantau Panjang tidak terbakar, kita lakukan pengecekan dan berikan imbauan kepada masyarakat agar hal itu tidak terjadi," kata Serda Purnomo kepada Riau Bernas, Minggu (4/4/2021).

Serda Purnomo bersama masyarakat juga melakukan pengecekan parit dan embung penampungan air disekitar lahan yang dinilai rawan kebakaran hutan dan lahan. "Pengecekan parit dan Embung Penampungan air wajib dilakukan serta disediakan, apabila terjadi kebakaran di areal tersebut, akan mudah memadamkan api, karena ketersediaan air cukup," jelas Serda Purnomo menceritakan kepada masyarakat saat melakukan Patroli dan sosialisasi Karhutla.

Dirinya mengimbau dan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mencegah terjadinya Karhutla dengan tidak membakar sampah kebun seperti tumpukan kayu maupun rumput kering. "Mohon dipatuhi bersama, jangan sekali kali mencoba membakar hutan dan lahan. Bagi pelaku pembakar hutan dan lahan siap siap dipenjara selama 10 tahun," imbuhnya. (Van) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar