Bripka Ripal, Polisi Inhu Penerima PIN Emas, Fasilitasi Warga Membuat Akte Gratis

INHU, RIAUBERNAS.COM - Ide dan gagasan baru selalu dikeluarkan Polisi peraih PIN Emas dari Kapolri, Bripka Ripal Indrawata, SH, MH, anggota Polres Indragiri Hulu (Inhu) yang bertugas di Polsek Pasir Penyu sebagai Bhabinkamtimas Desa Batu Gajah dan Desa Pasir Keranji, Kecamatan Pasir Penyu.

Gagasan atau ide baru kali ini adalah ingin memfasilitasi atau membuatkan Akte Kelahiran untuk warga Kecamatan Pasir Penyu terkhusus Desa Binaannya. Untuk kegiatan tersebut, Bripka Ripal melaksanakan Koordinasi dan Kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indragiri Hulu perihal pembuatan Akte Kelahiran bagi yang membutuhkan.

Tujuan memfasilitasi dalam pembuatan Akte dikarenakan masih banyak warga binaannya yang belum memiliki Akte Kelahiran. Dan dilakukan dengan cara door to door atau menyambangi dari rumah ke rumah warga

"Program dan Ide ini akan saya terapkan di Desa binaan Bhabinlamtimas Kecamatan Pasir Penyu terkhusus Desa Batu Gajah dan Desa Pasir Keranji. Ternyata masih Banyak warga yang belum memiliki Akte Kelahiran, saat giat sambang dari rumah ke rumah, dengan alasan berbagai macam. Mulai dari kesulitan Informasi tentang pengurusan akte, kurangnya SDM yang mendukung, serta jarak tempuh ke Dinas Disdukcapil yang cukup jauh," ungkap Bripka Ripal Indrawata, usai berkoordinasi dengan Kepala Dinas Disdukcapil, Rabu 17 Maret 2021.

Atas kendala itu, sambungnya, Bhabinkamtimas langsung lakukan koordinasi ke Dinas terkait dan Kepala Desa untuk memfasilitasi warga atas pembuatan Akte kelahiran secara Gratis. Semua dilakukan sebagai wujud kepedulian Bhabinkamtimas dalam upaya membangun kesadaran hukum ditengah masyarakat "Rust building partnership dan partnership building" atara masyarakat dan Polri.

Atas Ide yang diutarakan Anggota Polres Inhu Bripka Ripal ke Dinas Disdukcapil Inhu tersebut, Kepala Disdukcapil Kabupaten Inhu Saiful Bahri menyambut baik ide Polisi ini dan Dinas terkait siap bersinergi.

"Ini ide bagus dan gagasan luar biasa yang diberikan oleh Bripka Ripal, kita dari Dinas siap bersinergi. Paling tidak memberikan kesadaran masyarakat akan pentingnya Akte Kelahiran, KK, dan KTP di kalangan masyarakat. Atas gebrakan Polisi ini kami sangat mendukung, apalagi ditengah pendemi covid-19 seperti saat ini. Untuk pengurusan gratis tidak dipungut biaya, atas koordinasi Bripka Ripal kami sambut dengan baik," ucap Kepala Dinas Disdukcapil Saiful Bahri.

Disisi lain, Kapolres Inhu AKBP Efrizal, S.Ik, saat dikonfirmasi terkait program maupun Ide Bhabinkamtimas Pasir Penyu itu, Kapolres langsung menanggapi dengan positif. Selain Polri melindungi dari orang jahat dan memberantas kejahatan, Polri juga harus dekat dengan masyarakat, serta membantu segala sesuatu keperluan masyarakat banyak yang bersifat arjen. Salah satunya seperti yang dilakukan Bripka Ripal dengan memfasilitasi pembuatan berbentuk Dokumen baik itu Akte Kelahiran, KTP, dan lain-lain, dengan syarat harus memenuhi semua prosedur mulai dari Desa dan jenjangnya.

"Ini kegiatan luar biasa, disamping dia menerima PIN Emas dari Kapolri, Ripal merupakan anggota Polisi yang selalu mengeluarkan ide-ide cemerlang, dan patut dicontoh oleh anggota lainnya. Apalagi kegiatan yang besingungan langsung dengan masyarakat, saya sangat mendukung," jelas Kapolres Inhu AKBP Efrizal, S.Ik. (Pt) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar