Diskes Pelalawan Dirikan Posko Kesehatan di Tiap Kecamatan

Sekretaris Diskes Pelalawan, Asril SKM

PELALAWAN - Dinas Kesehatan Kabupaten Pelalawan telah menginstruksikan ke tiap puskesmas yang ada di daerah ini untuk mendirikan posko di wilayahnya masing-masing. Hal ini bertujuan sebagai salah satu bentuk kepedulian bagi masyarakat yang tengah tertimpa musibah banjir.

"Ya, kita dirikan posko di tiap puskesmas ini agar masyarakat jadi kontinue memeriksakan kesehatannya selama musim banjir ini," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Pelalawan, Asril SKM, pada riaubernas.com via selulernya, Selasa (16/2/2016).

Lanjutnya, Diskes juga telah memerintahkan para bidan desa yang ada di daerah ini untuk standby di wilayahnya masing-masing. Ini dimaksudkan agar penyakit-penyakit yang timbul di masyarakat selama musim banjir ini bisa segera ditangani.

"Tapi sebenarnya penyakit yang harus diwaspadai adalah penyakit pasca banjir itu sendiri," ujarnya.

Pasalnya, sambungnya, pasca banjir biasanya baru kemudian timbul berbagai penyakit yang mengiringinya. Seperti misalnya diare, penyakit kulit, demam dan Infeksi Sa/luran Pernapasan Akut (ISPA).

"Tapi biasanya, kalau musim banjir, penyakit yang banyak datang itu diare, penyakit kulit dan demam," ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, Dinas Kesehatan di tiap-tiap puskesmas akan intens memberikan penyuluhan pada masyarakat untuk tetap menjaga kondisi fisik dalam musim penghujan ini. (dra)



Editor    : Ai
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar