Bimtek Pemungutan Dan penghitungan Suara Pilkada Siak 2020

Panwascam Pastikan PTPS Bersihkan APK Dan BK Paslon Bupati Siak Dihari Tenang

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Panitia pengawasan pemilihan Kecamatan Tualang (Panwascam) melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada 219 orang Pengawas tempat pemungutan suara (PTPS) dan 9 orang Pengawasan Kelurahan dan Desa (PKD) se Kecamatan Tualang pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati Siak tahun 2020 di aula Bunut Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, Kamis (3/12/2020) sekitar pukul 09.00 WIB.

Dalam sambutannya, Ketua Panwascam Kecamatan Tualang Suwito mengatakan, pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Siak tahun 2020 tinggal beberapa hari lagi. 
Tahapan demi tahapan sudah dilalui oleh bapak ibu sekalian sudah bergabung di keluarga Bawaslu selama dua Minggu lebih. 

"Bagi (PKD atau PTPS, red) yang lama, ini sudah hal biasa, bagi yang baru, tentu ini suana yang baru bagi bapak dan ibu. Pekerjaan kita mengawasi, yang kita awasi gerakan Paslon, tim Paslon dan tim koalisi dan maupun Relawan agar kecurangan pemilu bisa dihindarkan, sehingga terciptanya Pilkada yang aman, tertib, jujur, adil, dan penuh kepastian hukum," sebut Suwito dalam sambutannya itu.

Dijelaskan Suwito, saat bertugas, PKD dan PTPS harus bersikap tegas, menegakkan keadilan seadil-adilnya, kita berposisi ditengah-tengah, jangan berpihak.

Jadwal kampanye tinggal 2 hari lagi, pada tangga 6,7,8, bapak ibu PKD dan PTPS sudah bekerja secara krusial. Pada tanggal itu, bapak ibu harus membersihkan Alat Peraga kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK). 

"APK dan BK harus bersih di semua tempat bapak ibu sekalian karena sudah memasuki hari tenang, hari dimana kita memasang mata dan telinga secara lebar lebar apa yang didengar dilihat tidak boleh melanggar sesuai ketentuan. Tidak ada lagi ada kegiatan bersifat kempanye, pastikan kegiatan tidak ada Money Politik. Apabila ditemukan, lapor ke PKD, PKD meneruskan ke Panwascam," tegasnya. 

Suwito menyebutkan, dengan kita melaksanakan tugas secara maksimal, tentunya Pilkada kali ini, bisa menghasilkan pemimpin yang berintegritas, berkrebilitas, dan berkualitas.

Selanjutnya Bimtek Pemungutan dan penghitungan suara dibimbing oleh Komisioner Panwascam Kecamatan Tualang yaitu Wan Hadi Saputra. (Van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar