Tim Kukerta Balek Kampung UNRI Pasang Tanda Nama Gang, Jalan Serta Dusun di Desa Kualu

KAMPAR, RIAUBERNAS.COM - Bertujuan untuk memudahkan masyarakat Desa Kualu Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar mengenal nama-nama jalan di desa mereka, Tim Kukerta balek kampung mahasiswa UNRI tahun 2020 melakukan pembuatan dan pemasangan tanda nama Gang, Jalan, serta Dusun di Desa Kualu. 

Tim Kukerta balek kampung mahasiswa UNRI Desa Kualu yang diketuai M. Nanda Pratama (jurusan Pendidikan Olahraga), dengan anggota, Rian Febrianto (jurusan Pendidikan Olahraga), Hardi (jurusan Pendidikan Olahraga), Wan Ecika Amalia (jurusan Ilmu Komunikasi), Raisya Yasmine (jurusan Administrasi Publik), Pitri Hayani (jurusan Akuntansi), Maulida Hasanah (jurusan Administrasi Publik), Viona Fenita Kurnia (jurusan Akuntansi), Shafira Ardana (jurusan Ilmu Komunikasi), dan Sella Caira (jurusan Administrasi Publik) menilai, pembuatan dan pemasangan tanda nama tersebut dikarenakan masih ada beberapa nama jalan serta gang yang belum memiliki nama. 

"Padahal, cukup banyak masyarakat yang tinggal di gang/jalan tersebut. Dan juga berdasarkan survey yang kami lakukan, masih banyak masyarakat setempat yang tidak mengenal nama jalan di sekitar rumah mereka dengan benar," ujar Ketua Tim Kukerta balek kampung mahasiswa UNRI Desa Kualu M. Nanda Pratama kepada media ini, Jum'at (21/8/2020).

Untuk itu, lanjut Nanda, tim Kukerta balek kampung Desa Kualu menjalankan kegiatan pembuatan sekaligus pemasangan nama gang serta jalan tersebut. 

Sementara itu, Viona Fenita Kurnia selaku Humas di Tim Kukerta balek kampung mahasiswa UNRI Desa Kualu menambahkan, tanda nama jalan yang dibuat dari bahan lempengan dan tiang besi, serta tulisan di tanda nama tersebut terbuat dari stiker anti air, sehingga dapat tahan lama untuk digunakan sebagai tanda nama jalan. 

Adapun jalan serta gang yang dipasang tanda nama jalan antara lain, Jl. Tuanku Tambusai, Gg. Bahari, Gg. Melati, Gg. Anggrek, Gg. Teratai, Gg. Mawar, dan Gg. Seroja.

Diawali dengan penyerahan tanda nama kepada pihak Desa, yang mana mereka sangat mendukung kegiatan Mahasiswa Kukerta Balek Kampung Desa Kualu tersebut.

"Setelah mendapat izin dari pihak Desa, tim Kukerta Desa Kualu langsung bergerak menuju beberapa posisi jalan serta gang yang hendak dipasangi tanda nama jalan. Mengenai nama yang kami gunakan, kami bertanya kepada masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. Ternyata gang serta jalan tersebut sudah memiliki nama, namun belum ada tanda nama penunjuknya," ucap Viona. 

Tidak hanya jalan serta gang, sambung Viona, tim Kukerta Desa Kualu juga membuat penunjuk arah dusun di Desa Kualu. "Terdapat lima dusun di Desa Kualu, dan kami menempatkan satu tanda nama untuk menunjukkan arah lima dusun tersebut berada. Karena batas-batas antara dusun yang kurang jelas, terutama bagi pendatang," tutup Viona Fenita Kurnia. (Sam) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar