Kepala KPH Sorek Fachruddin: Kalau Dari Yang Kita Lihat, Sekitar 20 Ha Lah Yang Terbakar

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Seperti diketahui, pada hari Minggu kemarin tanggal 28 Juni 2020 telah terjadi kabakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang diduga berada di areal konsesi perusahaan PT. Arara Abadi anak perusahaan PT. Indah Kiat, dengan lokasi berada di Desa Merbau Kecamatan Bunut, yang berbatasan dengan Desa Pangkalan Terap Kecamatan Teluk Meranti.

Berdasarkan hasil investigasi dilapangan pada Selasa (30/6/2020), awak media melihat bahwa asap putih masih kelihatan mengepul ke udara, namun tidak terlihat adanya lagi titik api. Dan terlihat tim gabungan dari TNI/Polri, BPBD, Manggala Agni, RPK PT. Arara Abadi dan dibantu dengan dua unit helikopter Water Boombing tampak terus melakukan pendinginan.  

Terkait apa penyebab terjadinya karhutla tersebut dan berapa luas areal yang terbakar, Kepala UPT Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Sorek Fachruddin, saat melakukan peninjauan di lokasi terjadinya karhutla, ketika di konfirmasi awak media di lokasi karhutla, Selasa (30/6/2020) Fachruddin mengatakan, bahwa pihaknya belum mengetahui dan belum bisa memastikan apa penyebab terjadinya karhutla tersebut.

Dan ketika ditanya apakah lokasi terjadinya karhutla ini di areal konsesi perusahaan atau dilahan masyarakat, Fachruddin tidak dapat memberikan kepastian apakah yang terbakar itu masuk lahan perusahaan atau mesyarakat, seraya mengatakan, "Nanti kita lihat di peta lokasinya, nanti kita plot, biar jangan rancu," jawabnya.

Fachruddin menjelaskan, bahwa areal yang terbakar ini masih dalam wilayah pengawasan KPH Sorek. Dan pihaknya juga sudah meninjau langsung ke lokasi terjadinya karhutla tersebut, dan saat ditanya berapa luas areal yang terbakar saat ini, Fachruddin mengatakan,

"Ya inikan belum menentukan, tapi kalau dari yang kita lihat, ya sekitar 20 an Hektar lah. Tapi ini tidak termasuk hamparannya ya, hamparan ini jangan, ini yang terbakar saja, tapi saya melihatnya dari isi asap yang terbakar dengan ke pinggir sana, tapi itukan berdasarkan pandangan," katanya. (Sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar