Cegah Covid-19, Kampung Muara Bungkal Siagakan 1500 Masker Secara Swadaya

Penghulu Kampung Muara Bungkal, Subiranto.

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Guna mencegah dan memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 di Kampung Muara Bungkal Kecamatan Sungai mandau, Penghulu Kampung Muara Bungkal telah menyiagakan 1500 masker secara swadaya dan diserahkan ke masyarakat.

"Untuk memutuskan penyebaran Covid-19 di Muara Bungkal, Kami membuat masker sekitar 1500 masker. Pembuatan masker kita serahkan ke masyarakat yang terbagi 4 titik, masing-masing dusun satu titik tukang jahit untuk pembuatan masker secara swadaya," jelas Penghulu Kampung Muara Bungkal, Subiranto kepada Riau Bernas.com, Rabu (6/5/2020) di ruangannya.

Dijelaskan Subiranto, pembagian masker dilakukan secara bertahap yang dilakukan oleh Rukun Tetangga Muara Bungkal kepada masing-masing masyarakat. "Sebagian masker yang sudah dijahit oleh masyarakat secara swadaya langsung dibagikan kepada warga, ada sekitar 650 masker yang sudah dijahit dan dibagikan kepada masyarakat secara door to door," tambah Subiranto.

Subiranto berharap kepada masyarakat agar mengikuti protokoler kesehatan guna memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. "Buat masyarakat saat keluar rumah gunakan masker, karena virus ini penyebarannya sangat cepat, maka dari itu, kita terapkan Pysical Distancing dan Social Distancing," jelasnya.

Subiranto menambahkan, bahwa pemerintah kampung sudah mensosialisasikan dan melakukan pencegahan bahaya virus Covid-19 ini kepada masyarakat. "Mulai dari imbauan menggunakan spanduk, pengadaan Tanki pencuci tangan, serta pemberian masker secara gratis kepada masyarakat. Hal itu dilakukan, guna memastikan masyarakat kita tidak terjangkit Covid-19 ini, kita hanya bisa berikhtiar dan berusaha, semoga musibah ini cepat berlalu," harapnya.

Perihal, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Kampung Muara Bungkal, Penghulu menjawab, ada, tapi sudah masa inkubasi dan dinyatakan negatif. "Ada dua orang, itu sudah masa inkubasi, Terkait BLT, itu kita rekomendasikan Sebanyak 14 orang, semoga secepatnya terealisasikan," pungkasnya. (adv/Van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar