Blusukan ke Lapak Pedagang Takjil di Bungaraya, Alfedri Bagikan Masker dan Sarung Tangan

Bupati Siak Drs. Alfedri, M.Si saat melakukan monitoring penerapan protokol Covid-19 di Kecamatan Bungaraya.

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Guna mengantisipasi pencegahan penularan Covid-19, Bupati Siak Alfedri blusukan ke lapak pedagang di pasar Ramadhan yang ada di Simpang Empat Kampung Jayapura, Kecamatan Bungaraya, Rabu (29/4/2020).

Kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Siak ke Bungaraya itu, disambut senyum bahagia oleh para  pedagang maupun warga yang sedang berbelanja makanan dan minuman jelang berbuka puasa di Pasar tersebut.

Bupati Alfedri yang didampingi oleh Camat Kecamatan Bungaraya Amin Soimin, Penghulu Jayapura, Kasatpol PP dan jajaran Upika Kecamatan Bungaraya itu, mendatangi satu-persatu penjual Takjil untuk mengingatkan bahaya dampak dari Pandemi Covid-19, sembari membagikan secara langsung masker dan sarung tangan kepada para pedagang.

"Inspeksi ke lokasi pasar ramadhan ini, dalam rangka pemantauan dan monitoring penerapan Protokol Covid-19. Yang kita ingatkan ke pedagang maupun masyarakat, antara lain Physical Distancibg atau jaga jarak fisik minimal dua meter antar pedagang. Selain itu, pedagang kita ingatkan wajib pakai masker dan sarung tangan," jelas Alfedri.

Bupati mengingatkan, para pedagang pasar setelah pulang dari berjualan dan sebelum berkumpul dengan  keluarga, pedagan diminta untuk mandi terlebih dahulu. Serta mengingatkan masyarakat agar selalu mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir untuk membersihkan kuman yang menempel di tangan.

"Tetap jaga jarak saat beraktifitas, gunakan masker dan sarung tangan, sering-sering cuci tangan pakai sabun ya bu, dan jangan lupa, kalau pulang kerumah nanti langsung mandi," ungkapnya ramah kepada para pedagang.

Sementara itu, camat Bungaraya Amin Soimin berharap, masyarakat dapat mentaati dan mematuhi imbauan Pemerintah maupun Tim Gugus Tugas Covid-19 demi keselamatan orang banyak terkait bahayanya penularan virus mematikan tersebut.

"Kita juga tak henti-hentinya mengingatkan kepada seluruh warga, agar tetap mentaati imbauan pemerintah dalam upaya memutus penyeberan Covid-19 ini," ujarnya.

Mantan Camat Sabak Auh itu juga mengatakan, Bupati Siak juga meminta agar lapak-lapak para pedagang diberi tanda jarak aman. Guna menerapkan pysical distancing antar pedagang dengan pembeli serta pedagang dengan pedagang.

"Tadi pak Bupati juga meminta untuk setiap lapak pedagang, diberi tanda menggunakan cat pilox agar jarak para pedagang dengan pembeli tidak berdesakan," terangnya.

Sebelum rombongan Bupati kembali ke Kota Siak, lanjut Amin Soimin menyampaikan, Bupati Alfedri juga menyempatkan memantau pedagang yang berjualan didepan rumah, yang berada di sepanjang jalan lintas Bungaraya menuju Siak.

"Jalan lintas itu juga merupakan zona rawan penyebaran virus covid-19. Karena merupakan lintasan Pekanbaru, Siak, Bengkalis, Dumai, dan Provinsi lain," tuturnya. (Adv/Van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar