Alfedri Anggarkan 44,7 Milyar Untuk Penanggulangan Covid-19 dan Orang Tidak Mampu

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Bupati Siak Drs. Alfedri, M.Si menganggarkan dana sebesar 44.7 Milyar untuk penanggulangan Covid-19 dan masyarakat kurang mampu, imbas dari virus Covid-19 ini yang sudah mendunia.

Sebelumnya, Bupati Siak Drs. Alfedri, M.Si beberapa waktu lalu saat vidcon bersama Forkopimda Provinsi Riau, Bupati Alfedri menyampaikan akan mengangarkan dana sebesar Rp 28 Milyar, ternyata belum keputusan Final.

Pasalnya, pada Rabu 1 April 2020 kemarin, Forkopimda bersama DPRD Kabupaten Siak melakukan rapat pembahasan anggaran untuk penanganan Covid 19 di Negeri Istana Matahari Timur. Alhasil, Forkompinda sementara sepakat menganggarkan dana dengan total sebanyak Rp 44,7 Milyar Rupiah.

"Kita sudah melakukan pertemuan dengan DPRD untuk mengkaji ulang, anggaran dana yang akan dikucurkan dalam penanganan wabah Covid 19. Alhamdulillah, kita telah putuskan akan menganggarkan melalui Dinas Kesehatan sebesar Rp 33,7 Milyar, dan Rp 11 Milyar Rupiah untuk subsidi sembako bagi masyarakat yang terdampak sosial ekonomi melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag)," jelas Alfedri kepada awak media, usai meninjau RS Tipe D Kecamatan Tualang, Kamis (2/4/2020).

Dijelaskan Alfedri, anggaran untuk kesehatan itu akan diperuntukkan kepada tenaga medis untuk penanggulangan Covid-19 ini, termasuk insentif mereka. "Untuk penanggulangan Covid-19 sudah disiapkan, termasuk masyarakat tidak mampu yang terimbas dari wabah yang sudah mendunia ini. Langkah awal, Pemerintah sudah menyalurkan sembako kepada korban ODP," sebut Alfedri.

Bupati Alfedri menyebutkan, saat ini Kabupaten Siak merupakan Kabupaten nomor 3 di Provinsi Riau yang mengannggarkan dana terbesar untuk penanggulangan Virus Corona ini. 
"Kita menduduki posisi ke 3, setelah Kabupaten Bengkalis dan Kota Pekanbaru dalam penganggaran dana Penanggulangan Covid 19 ini," paparnya.

Pemimpin Negeri Istana Matahari Timur itu berharap, selain telah mempersiapkan anggaran dalam penanggulangan wabah virus Corona, Pemkab Siak juga telah mempersiapkan 2 rumah sakit yang telah ditunjuk Kementrian Kesehatan, sebagai rumah sakit rujukan penanganan Covid 19.

"Alhamdulillah, semuanya telah kita siapkan untuk antisipasi wabah virus Corona ini, terutama rumah sakit. Ada dua rumah sakit yang telah ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan penanggulangan Covid 19, yang pertama RSUD Tengku Rafian Siak, dan yang kedua Rumah Sakit Tipe D di Kecamatan Tualang ini," jelasnya. (Van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar