Menperin Dampingi Perakit TV Kembangkan Usaha dan Peroleh SNI

Menteri Perindustrian, Saleh Husin

JAKARTA, RIAUBERNAS.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan memberi pendampingan dan meningkatkan kemampuan bagi perakit televisi seperti Muhammad Kusrin asal Karanganyar, Jawa Tengah.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi kegigihan dan kerja keras pengusaha kecil yang melakukan perakitan barang elektronik.

"Sosok seperti Pak Kusrin merupakan pribadi kreatif dan memiliki skill sekaligus kreatif. Kemenperin akan melakukan pembinaan pada Pak Kusrin dan pemilik-pemilik usaha serupa untuk mendapat pelatihan dan bahkan mengawal hingga mendapat sertifikat SNI," ujarnya di Jakarta, Jumat (15/1/2016), seperti dilansir okezone.com.

Saleh juga mengapresiasi kiprah Kusrin yang telah membuka lapangan kerja dan memanfaatkan barang bekas elektronik. Menurutnya, hal itu turut meningkatkan nilai tambah dan memperpanjang usia pakai komponen-komponen televisi dan komponen monitor komputer.

Pembinaan yang akan dilakukan, imbuh Menperin, supaya produk televisi rakitan memenuhi standar, menarik dan berkualitas

"Pengusaha kecil sebagai perakit juga mendapat manfaat seperti kualitas meningkat dan dibantu mendapat legalitas usaha maupun produk. Mereka akan nyaman berusaha dan bisa berkonsentrasi mengembangkan usaha," ulasnya.

Di sisi lain, masyarakat yang daya belinya sesuai dengan tingkat harga televisi rakitan tetap mendapat perlindungan sebagai konsumen. "Jadi perakitnya tenang, yang beli senang," kata dia.

Pemerintah juga mengharapkan peran Disperindag di daerah untuk mengindentifikasi potensi kreativitas masyarakat untuk dibina menjadi industri yang lebih baik dan bernilai tambah.

Nantinya, pembinaan akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang didukung pula oleh Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin. (***)


Editor        : Ai
Sumber    : okezone.com

 

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar