Hadiri Harganas ke 26 Tingkat Kabupaten Siak tahun 2019, Ini Yang Disampaikan Alfedri

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Hari ini, Rabu (18/12/2019), Pemerintah Kabupaten Siak menyelenggarakan kegiatan Peringatan Hari Keluarga Nasional ke 26 tingkat Kabupaten Siak tahun 2019. Pencanangan program PKK-KB Kes, Melaunching Kampung KB Percontohan di Kabupaten Siak, dan melantik pengurus PIK-Remaja Kabupaten Siak tahun 2019. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Siak, Darussalim. 

"Peringatan Hari Keluarga Nasional pertama kali dilaksanakan pada 29 Juni tahun 1993 di Provinsi Lampung. Untuk di Kabupaten Siak, tahun 2019 ini pelaksanaan Hari Keluarga Nasional tingkat Kabupaten Siak di pusatkan di Kota Siak Sri Indrapura", kata Darussalim.

Tema yang diambil pada pelaksanaan Harganas ke-26 tahun 2019 ini adalah, "Hari Keluarga Hari kita semua, Cinta Keluarga, Cinta Terencana".

Untuk program PKK-KB, kata Darussalim, merupakan suatu program terpadu antara Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak, bersama OPD terkait. Saat ini program tersebut baru dilaksanakan di 9 Kecamatan se-Kabupaten Siak.

"Akhir-akhir ini, Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) agak berkurang gaungnya. Oleh karena itu, kami akan melantik para PIK-R Kabupaten Siak", ucapnya.

Selain itu, kami juga akan melaunching Kampung KB Percontohan di Kabupaten Siak, yakni Kampung Tumang Kecamatan Siak. 

Dalam arahannya, Bupati Siak Alfedri mengatakan, bahwa menyambut baik dengan dilaksanakannya kegiatan Harganas ke-26 tingkat Kabupaten Siak tahun 2019, serta Pencanangan program PKK-KB Kes, Melaunching Kampung KB Percontohan, dan melantik pengurus PIK-Remaja se-Kabupaten Siak tahun 2019.

"Semua kegiatan yang dilaksanakan ini, merupakan bentuk untuk mewujudkan keluarga berencana, termasuk kedalam program PKK terwujudnya norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera," kata Alfedri di Gedung Mahratu Siak. 

Meskipun sebagai orang tua sibuk bekerja, kata Alfedri, akan tetapi, berusahalah meluangkan waktu untuk berkumpul bersama keluarga. 

"Berkumpul bersama keluarga merupakan salah satu kegiatan yang bisa menimbulkan rasa senang, dan bisa menghilangkan segala beban pekerjaan kita seharian. Akan tetapi, kalau bisa jangan ada yang bermain handphone ketika berkumpul," ucapnya. 

Selain itu, sambung Alfedri, dengan sudah dilantiknya Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Kabupaten Siak, diharapkan mampu untuk memberikan edukasi kepada kawan-kawan lainnya, terkait dengan ketahanan dan perencanaan dalam berkeluarga.

"Sehingga ketika nanti mereka sudah berkeluarga, keluarga mereka bisa di tata dan rencanakan dengan sebaik mungkin," kata Bupati Siak tersebut, saat membuka acara Harganas ke-26 tingkat Kabupaten Siak tahun 2019. 

Peringatan Harganas ke-26 tingkat Kabupaten Siak tahun 2019, juga dihadiri oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, Ketua TP PKK Kabupaten Siak Rasidah, Ketua DWP Kabupaten Siak Rahimawati, Camat se-Kabupaten Siak, serta 400 tamu undangan lainnya. (van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar