Tiap Semester, Puluhan Mahasiswa Berprestasi Terima Beasiswa CSR PT IKPP Perawang

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Puluhan mahasiswa berprestasi Kabupaten Siak kembali menerima bantuan rutin dana pendidikan dari program CSR PT. Indah Kiat Pulp and Paper, di rumah Pintar Abdul Wahid Perawang, Senin (23/9/2019).

Program bantuan pendidikan atau biasa disebut beasiswa, termasuk salah satu program CSR (Coorpasate Social Responsibility) yang sudah rutin dijalankan setiap tahunnya oleh PT. Indah Kiat Pulp and Paper. Program CSR diikuti oleh para mahasiswa yang berprestasi yang menggeluti pendidikan di universitas negeri dan berasal dari Kabupaten Siak, akan dibantu setiap semesternya.

Azizah Gita, mahasiswi Universitas Negeri Padang mengaku, bahwa program bantuan dana pendidikan dari CSR PT. Indah Kiat Perawang sangat membantu dirinya dalam mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Apalagi mantan siswi SMA Negeri 1 Tualang ini kuliah di perguruan tinggi yang jauh dari orangtua.

"Alhamdulillah terbantu, soalnya UNP itu mandiri, jadi (beasiswa) ini dapat membantu meringankan uang kuliah," ujar Gita, usai menerima bantuan.

Pimpinan CSR PT. IKPP Ir Ketut Fiter, melalui Murseno kepada wartawan menjelaskan, pada semester genap ada 42 mahasiswa yang menerima pencairan bantuan dana pendidikan.

"Ada 43 mahasiswa yang sedang kuliah diberbagai macam perguruan tinggi di Indonesia menerima bantuan pendidikan hari ini. Namun, setiap mahasiswa yang terdaftar sebagai penerima bantuan harus ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi," terang Murseno.

Diantaranya, kata dia, mahasiswa yang sudah terdaftar harus memenuhi IPK minimal sesuai dengan ketentuan dan dapat dibuktikan dari Fakultas.

Kepada mahasiswa Murseno mengharapkan, terus ada meningkatkan prestasi selama mengikuti pendidikan di perguruan tinggi, sehingga kriteria mahasiswa penerima bantuan dana pendidikan dari perusahaan dapat tercapai.

"Kita juga berharap, mahasiswa yang sudah terdaftar tidak terlambat menyerahkan bukti per semesternya, untuk persyaratan ketentuan sebagai penerima bantuan dana pendidikan dari perusahaan. Karena nanti adik-adik mahasiswa sendiri yang rugi," harapnya.

Kedepan, CSR PT. Indah Kiat Perawang berencana akan merubah pola calon peserta penerima bantuan dana pendidikan dari perusahaan. Dimana sebelumnya dalam penerimaan peserta calon penerima bantuan dana pendidikan harus mengikuti try out dari perusahaan. Bagi calon peserta yang lulus try out dan interview diharuskan mengikuti Bimbel atau bimbingan belajar selama satu bulan di Pekanbaru, sebelum mendaftar di perguruan tinggi negeri.

"Selama mengikuti Bimbel di Pekanbaru, untuk biaya Bimbel, makan, sampai penginapan, ditanggung CSR PT. Indah Kiat. Setelah mengikuti Bimbel selama satu bulan dan lulus di universitas negeri, maka calon mahasiswa tersebut terdaftar sebagai penerima bantuan dana pendidikan dari perusahaan," jelas Murseno.

Kedepan dalam hal pendaftaran calon peserta penerima bantuan pendidikan dari CSR PT. Indah Kiat Perawang, akan diubah dengan cara calon peserta mendaftar setelah berstatus sebagai mahasiswa semester satu di perguruan tinggi negeri. (Van)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar