Charles Jhony: Genpi Rokan Hilir Lestarikan Tradisi Atib Koambai Sejak 1960

Loading...

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Berdasarkan penuturan tokoh Masyarakat, bahwa sejak tahun 1960-an masyarakat Kecamatan Kubu/Kuba Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, setiap tahunnya dan tidak pernah ketinggalan melaksanakan Ritual atau disebut dengan tradisi Atib Koambai yang dilaksanakan pada lebaran ke-3 Idul Fitri.

Ritual Atib Koambai sukses diikuti dan dilaksanakan oleh tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan masyarakat setempat, bahkan masyarakat berdatangan menghadiri acara tersebut pada 8 juni 2019.

Pada tahun 2019 ini, Atib Koambai makin dikenal dan semakin melejit dikalangan masyarakat Rohil pada umum di Provinsi Riau.  Bahkan Event Budaya Atib Koambai ini sudah tercium diluar Provinsi Riau, hal ini berkat giatnya promosi yang dilakukan Tim Genpi termasuk dorongan Pemerintah daerah dan masyarakat tempatan.

Ketua Umum Genpi Rohil, Jhony Charles menyatakan, sangat mendukung ritual Atib Koambai untuk dijadikan Event wisata daerah untuk dikembangkan dan dilestarikan.

Dia mengatakan, event ini sudah dirilis oleh pemerintah daerah Rohil melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, masuk dalam Event Calender Rohil tahun 2019.

Menurut Charles, pada tahun ini, pengunjung Atib Koambai diperkirakan akan mencapai lebih kurang hingga 8.000 ribu orang, terhitung sejak hari lebaran pertama kemaren.

"Ditahun mendatang kita usahakan agar pengunjung yan datang mencapai 30.000, tentu dengan berbagai upaya untuk promosi online dan offline oleh Tim GenPI Rohil, supaya event ini dikenal diberbagai daerah penjuru tanah air", terang Charles, Selasa (11/6/2019).

Diakui Charles, saat event berlangsung, dirinya tidak dapat menghadirinya, namun hanya mengutuskan anggota Tim GenPI untuk melaksanakan even Atib Koambai, namun tidak mengurangi rasa semangat guna mempromosi event lebih jauh lagi.

"Alhamdulillah, acara sukses dan mendapat sambutan antusias dari pengunjung sampai kegiatan berakhir", kata Ketua Genpi Rohil ini.

Sementara, Ketua Genpi Riau Osvian Putra mengatakan, GenPI Riau siap menjadi partner guna penyelenggaran event-event Pariwisata di seluruh Riau. Dalam rangka untuk menjalankan fungsi membuat viral sebuah event di media online, sehingga penggunaan digital bisa mudah mengakses informasi tersebut.

"Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Kabupaten Rokan Hilir juga bisa berperan aktif dan membantu supaya menyebarkan kegiatan tersebut di media online dan offline, untuk mempromosikan wisata khususnya di Rokan Hilir, dan promosi tidaklah dengan memilih-memilah", pinta Osvian.

Sementara itu, Datuk Penghulu Teluk Nilap Kuba, Gamal menuturkan, pelaksanaan kegiatan ini tidak akan merugikan masyarakat dengan mengundang tim GenPI Rohil guna untuk mempromosi wisata. Tujuan mereka (Genpi) adalah mulia, bisa membantu masyarakat tempatan mengenal destinasi wisata, sehingga masyarakat luar kenal berdatangan dan menembus omset ekonomi warga tempatan dikemudian hari.

"Promosi event sangat bangga dengan adanya putra Kubu/Kuba Hendra Dermawan putra sebagai Bendahara Umum GenPI Rohil, sehingga mudah untuk berkomunikasi membahas mempromosi wisata daerah", tutup Gamal. (Syofyan)

 

 


Loading...

[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar