Bupati Ajak Putra Pulau Halang Bangun Kampung Halaman

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Pemerintah merasa malu karena belum bisa berbuat banyak untuk membangun infrastruktur di Pulau Halang, Kecamatan Kubu Babussalam. Dengan kondisi sekarang munculnya seorang putra daerah Pulau Halang yang sanggup untuk membangun infrastruktur dan kami sangat mengapresiasi memenuhi hajat hidup orang banyak atas perhatian.

Ia merasakan dimana tanggung jawab pemerintah hingga tidak bisa membangun Puskesmas dan jalan rusak berada di Pulau Halang Muka tersebut. "Persoalan itu merupakan tamparan bagi pemerintah kedepan lebih untuk fokus mengutamakan Desa Pulau Halang yang membutuhkan infrastruktur terutama yang menyangkut masalah pelayanan publik", ungkap Bupati Rohil H. Suyatno dalam Sambutan Safari Ramadhan, Selasa (21/5/2019) di Pulau Halang

Kendati juga tidak menafikan, kesenjangan terjadi karena mengingat merosotnya anggaran daerah, sebelumnya Rokan Hilir mendapat Rp 2,7 Triliun, kini menurun menjadi Rp 1,6 Triliun. Anggaran sedemikian harus berbagi 18 Kecamatan. Maka dari itu  hal itu lebih mengutama  skala prioritas daerah yang perlu mendapatkan bantuan terlebih dahulu.

Diakuinya bantuan Kasdi Taman, atau disapa warga etnish TiongHoa Tua Pui Hok, membangun rumah ibadah, jalan, dan Puskesmas dengan menggunakan uang pribadi, pemerintah sangat mengapresiasi. "Saya mengharapkan tokoh masyarakat dan warga Pulau Halang sukses diperantauan agar peduli terhadap daerah dan kampung halaman", Ajak Bupati.

Untuk masalah jalan Pulau Halang sudah konsultasi sama dengan Dinas PU, agar dimasuk dalam anggaran tahun 2020 melalui Musrenbang.

Camat Kubu Babussalam, Ahmad Atin menyampaikan, kedatangan Bupati H. Suyatno bersafari Ramadhan di Pulau Halang merupakan kegiatan yang perdana. Sebelumnya belum pernah ada kegiatan serupa di daerah Pulau Halang. Diakui Camat ini mengenai pembangunan Pustu, Jalan, dan rumah ibadah yang di danai Tua Pui Hok, berkisar hampir Rp 34 Milyar. Didalam berasal sumbangan pemuda setempat.

Diakui Ahmad Atin, Pemuda disini sudah puluhan tahun meninggalkan Pulau Halang dan sukses diperantauan. "Mereka peduli terhadap kampung halaman tekadnya untuk nembangun Pulau Halang," kata Atin lagi. (Syofyan)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar