Buka Lomba Bercerita dan Baca Tulis, Jamaluddin: Perpustakaan Merupakan Sarana Mencerdaskan Bangsa

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Dinas Perpustakaan Kabupaten Siak menggelar Lomba Bercerita dan Lomba Cipta Baca Puisi yang berlangsung dihalaman Kantor Dinas Perpustakaan Siak Sri Indrapura, Kamis (2/5/19).

Kegiatan yang dimaksudkan untuk mendorong literasi di Negeri Istana ini, diharapkan dapat memacu kreativitas dalam membudayakan gerakan cinta buku, dan sadar perpustakaan kepada masyarakat luas agar tertarik berkunjung dan memanfaatkan perpustakaan.

Peserta lomba yang dilaksanakan selama 2 hari mulai dari tanggal 2-3 Mei 2019 tersebut, diikuti 40 orang peserta untuk kategori lomba bercerita tingkat anak-anak. Sementara untuk kategori lomba cipta baca puisi tingkat siswa SMA dan Umum peserta berjumlah 46 orang.

Kepala Dinas Perpustakaan M Arifin mengatakan, kesenangan membaca menjadi modal penting dalam menyelenggarakan pendidikan formal, informal, dan nonformal. "Kegiatan ini sesuai dengan program prioritas nasional melalui kebijakan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial", kata Arifin.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. "Anak-anak didorong menanamkan cinta kebudayaan daerah, dan untuk meningkatkan budaya baca dan literasi masyarakat serta membangun pendidikan karakter, dan meningkatkan persatuan kesatuan",  jelas Arifin.

Dikesempatan yang sama, Asisten Administrasi Umum Jamaluddin mengatakan, perpustakaan merupakan sarana mencerdaskan kehidupan bangsa, karena menyediakan beragam jenis sumber informasi baik cetak, tertulis, maupun terekam, yang bisa dimanfaatkan seluas-luasnya oleh masyarakat.

"Melalui kegiatan ini saya berharap, semua pihak di Kabupaten Siak kedepan termotivasi untuk ikut berkontribusi menghasilkan SDM yang baik, serta berdaya saing", harapnya.

Jamaluddin juga didaulat me-launching aplikasi kunang-kunang, sistem yang dikembangkan Perpuseru yang bertujuan untuk membantu perpustakaan dalam pengelolaan layanan Internet. Sistem ini akan memudahkan perpustakaan dalam mendapatkan informasi aktual dan faktual terkait penggunaan layanan Internet termasuk kunjungan perpustakaan. (Van/rls)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar