Pemilihan Ketua RT/RW, Demokrasi Ala Kampung Desa Alahan

Pelaksanaan pemilihan RT serentak Desa Alahan Kecamatan Rokan IV Koto
ROKAN HULU (Riaubernas.com) - Suasana di Desa Alahan Kec. Rokan IV Koto pada hari Sabtu (27/04/2019) pagi itu memang terlihat ramai dan berbeda dari hari biasanya, usut punya usut ternyata saat itu warga yang bermukim di desa tersebut sedang mengukir sejarah baru, dengan menggelar pesta demokrasi  ala  kampung, untuk memilih pengurus Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW) yang  menggantikan pengurus lama yang telah berakhir masa jabatannya.
 
Cukup terlihat unik pesta demokrasi kali ini, yang mana biasanya masyarakat memilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sudah disediakan, namun tidak kali ini, panitia penyelenggara lebih memilih jemput bola dengan mendatangi satu persatu rumah warga dan membawa kotak suara serta kertas suara untuk kemudian masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya.
 
Kepala Desa (Kades) Alahan, Heri Susanto menjelaskan, proses pemilihan perangkat desa secara langsung oleh warga ini baru pertama dilakukan di desa tersebut. Tujuannya, agar warga bisa menentukan siapa RT atau RW yang sesuai dengan kriteria dan dapat mendukung program pembangunan desa.
 
“Kami berharap siapa pun calon RT dan RW terpilih hendaknya bisa sejalan dengan program kepala desa, membangun Desa Alahan ini lebih maju ,” ujarnya Sabtu (27/04/2019)
 
Ia menambahkan ada tiga dusun yang mengikuti pemilihan RT/RW yakni Dusun Sejahtera, Dusun Suka Menanti dan Dusun Lembah Makmur. Dari ketiga dusun tersebut ada satu dusun yang tidak dilakukan pemungutan suara yakni dusun Sejahtera karena calon tunggal dan diserahkan kepada kepala desa keputusannya.
 
Hal senada juga di sampaikan Ahmad Kurniawan (AK) selaku panitia penyelenggara, ia menyampaikan bahwa pemilihan Ketua RT dan RW ini dilakukan secara door to door, jika tidak mendapati warga dirumah, pihaknya akan mengulang kembali sampai waktu ditutup sekitar pukul 15.00 WIB.
 
“Bagi warga yang mempunyai kesibukan pagi hari, panitia juga memberi fasilitas tempat pencontrengan,” ujar AK saat diwawancarai.
 
AK menambahkan, panitia yang menyerahkan dan memungut suara ke rumah warga turut didampingi saksi dari sebagian calon baik RT maupun RW. “Jadi pemilihan secara demokrasi di desa ini betul-betul dilaksanakan mulai tingkat bawah,” tuturnya.
 
Masih menurut AK, setelah pemungutan suara dilakukan, kotak suara akan diamankan di aula kantor desa, dan malam sekitar pukuk 20.00 WIB akan dilakukan pleno oleh panitia yang disaksikan masing-masing calon dan saksi.
 
"Mudah-mudahan dengan adanya demokrasi ala ala desa Alahan ini sesuai dengan yang diharapkan masyarakat khususnya kepala desa karena ini merupakan titik tumpu berjalannya sistem pemerintahan dan kami berterima kasih kepada kepala desa karena sudah memberikan kami keleluasaan dalam melaksanakan kegiatan ini," tutupnya. (***)
 
Berikut nama-nama Ketua RT/RW terpilih Desa Alahan :
Dusun sejahtera
1. Oki Prasetia RT 001 RW 001
2. Adri putra RT 001 RW 002
3. Wahdi saputra RW.002
 
Yang tidak pemilihan karna SK belum habis
1. Amrizal Rt 002 Rw 002
2. Isa ansari Rw 001 Rt 002
 
Dusun Lembah Makmur 
1. RT 001 RW 001 : Anton Sujarwo
2. RT 001 RW 002 : Charles Alex
3. RW 001 : Zamri
4. RW 002 : Atri
 
Dusun Suka Menanti
1. RT 002 RW 001 : Nofri Sandra
2. RT 001 RW 001 : Rikeh Chandika
3. RW 001 Jifri
4. RW 002 Aliwar
 
Reporter : Eno


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar