Rapat Pleno PPK Sinaboi, Bawaslu Rokan Hilir: Jelang PSU Terus Monitor

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Rapat Pleno perhitungan suara hasil pemilu 2019 PPK Kecamatan Sinaboi, berlangsung pada minggu (21/4/2019) di kantor Sekretariat PPK, dihadiri Camat Sinaboi Tengku Hasyim, Komisioner Bawaslu Rohil Zubaidah, Panwaslu Sinaboi Wahyu, Kapolsek Sinaboi AKP Ruslan, Babinsa Sinaboi, serta para saksi partai politik.

Camat Sinaboi Tengku Hasyim menyebutkan, rapat Pleno perhitungan perolehan suara merupakan proses pemilu berdemokrasi berpatokan pada aman dan jurdil.

Dikatakan Tengku Hasyim, batas pemilu tersebut sampai 4 mei 2019, adanya rekomindasi pemilihan suara ulang (PSU) Seperti terjadi didua TPS, yaitu TPS 02 dan 06 Sei Bakau.

"Kita minta kepada penyelengara bekerjasama dan mengkontrol selama tahapan proses pemilu, khusus di Kecamatan Sinaboi agar proses pelaksanaannya berjalan lancar dan aman", Beber T Hasyim.

Sementara, Kapolsek Sinaboi AKP Ruslan SH menegaskan, selama proses perhitungan suara pemilu diharapkan berjalan aman dan lancar. Kalau ada kesalahan jangan sampai terjadi keributan, karena petugas KPPS masih ada baru pertama kali sebagai penyelegaraan pemilu.

"Mari kita selesaikan dengan kepala yang dingin", pintanya.

Komisioner Bawaslu, Zubaidah, SE menuturkan, selama proses rekapitulasi berlangsung pihaknya selalu
Monitoring kegiatan pleno hasil perhitungan suara. "Dampak dari peristiwa terjadi potensi pelanggaran, pencoblos TPS 02 dan 06 sehingga akan diadakan PSU", katanya.

Menurut Zubaidah, pihaknya memastikan hasil rekapitulasi perhitungan suara sesuai dengan hasil C1, jika ada terjadi potensi kesalahan menyampaikan, sarannya sebelum pembukaan dipastikan kotak suara dalam keadaan terkunci.

"Kita memastikan hasil rekaputulasi sesuai dengan C1, potensi salah C1 Pada rekap dengan angka yang tertera, diharapkan  dengan teliti sebelum pembukaan kotak dalam keadaan terkunci", tegasnya.

Ketua PPK Kecamatan Sinaboi Rianto, untuk PSU di dua TPS paling lama 10 selesai, hal tersebut sudah dikoordinasi dengan KPU menunggu logistik surat suara datang dari jakarta. (Syofyan)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar