Antisipasi Virus Corona di Pelalawan, Diskes Pelalawan Telah Bentuk Tim Tanggap Darurat

Kadiskes Pelalawan, Asril SKM

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Antisipasi merebaknya wabah virus Corona di Kabupaten Pelalawan, Dinas Kesehatan Pelalawan jauh-jauh hari telah membentuk Tim Tanggap Darurat guna mengantisipasi penyebaran virus corona, berikut kesiapan penanganan terhadap munculnya suspek terhadap orang-orang yang dicurigai mengidap virus ini.

"Kita telah mempersiapkan Tim Tanggap Darurat yang akan terus memantau terhadap berbagai kemungkinan munculnya virus corona di Kabupaten Pelalawan," terang Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan, Asril, M. Kes, pada media ini via selulernya, Senin (2/3/2020).

Asril menjelaskan, bahwa RSUD BLUD Selasih Kabupaten Pelalawan sebagai basis dari Tim Tanggap Darurat telah menyediakan ruangan isolasi di IGD untuk memastikan pasien positif mengidap virus corona atau tidak.

"Jika nantinya positif mengidap virus corona, maka akan dirujuk dengan ambulance khusus ke Rumah Sakit Arifin Ahmad Pekanbaru. Untuk Propinsi Riau, ada 3 rumah sakit rujukan untuk penanganan virus corona, yakni Rumah Sakit Arifin Ahmad Pekanbaru, Rumah Sakit Tembilahan, dan Rumah Sakit Dumai. Kita kan lebih dekat ke Arfin Ahmad Pekanbaru," katanya.

Ditanya soal Kecamatan Kuala Kampar, dimana lokasi tersebut menjadi pintu masuk bagi wisatawan yang berasal dari Batam dan sekitarnya, Asril menjelaskan, bahwa untuk di wilayah tersebut Puskesmas Kuala Kampar telah mempersiapkan MoU dengan RS Balai Tanjung Karimun.

"Artinya, jika ada pasien yang terdeteksi terkena virus Corona maka untuk Puskesmas Kuala Kampar langsung dirujuk ke RS Balai Tanjung Karimun, karena di sana yang terdekat ketimbang ke RSUD Selasih," tukasnya. (ndy)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar