Sejumlah Siswa di Tualang Keluhkan Sulitnya UNBK Matematika

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Memasuki hari kedua ujian, sejumlah siswa di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak Provinsi Riau, mengakui Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk mata pelajaran matematika cukup sulit.

Dalam pengerjaan soal, pengakuan siswa terbilang cukup sulit dan menguras banyak pikiran, dibandingkan mata pelajaran bahasa Indonesia yang diujikan pada hari pertama UNBK. "Soal matematika ada 40 nomor, dan rata-rata susah dijawab," kata Abdur Rauf, seorang siswa SMA Negeri 2 Tualang, Selasa (2/4/2019).

Ia mengatakan, meski soalnya sulit, tetapi tetap dapat dikerjakan. Artinya, tidak ada satupun peserta UNBK yang terlambat mengerjakan soal dimaksud.

Hal senada juga disampaikan Windi Yohana, seorang siswi SMA Negeri 5 Tualang yang juga membenarkan naskah soal matematika yang diujikan pada hari kedua pelaksanaan UNBK tingkat SMA/MA cukup sulit dikerjakan, tetapi tetap bisa dijawab. Hanya saja apakah benar atau salah para siswa masih ragu.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 2 Tualang mengatakan, pada hari kedua pelaksanaan UNBK 2019 tidak ada kendala saat UNBK berlangsung.

"Sekolah kami merupakan siswa terbanyak se Kabupaten Siak yang mengikuti pelaksanaan UNBK 2019. Meski jaringan internet agak sedikit lelet, namun UNBK tetap berjalan lancar," terang Dra. Yulita kepada Riaubernas.com, Selasa (2/4/2019).

Jumlah total peserta UNBK di SMA Negeri 2 Tualang sebanyak 381 siswa, dan dibagi menjadi 4 ruangan. Guna mengantisipasi gangguan pada saat UNBK berlangsung, pihak sekolah sudah menyediakan sebanyak 5 unit komputer cadangan dan juga melakukan penambahan daya listrik di sekolah.

"Untuk mengantisipasi terjadinya suatu hal yang tidak diinginkan, kemarin sudah kita tambah juga daya listrik di sekolah, namun kita tetap waspada juga dengan cara tidak mengoperasikan perangkat elektronik seperti penyejuk ruangan dan alat elektronik lainnya," jelasnya.

Berhubung besok hari libur pada tanggal 3 April, Drs Yulita menghimbau agar peserta UNBK tidak melakukan kunjungan atau bepergian terlalu jauh dari rumah. Sehingga dapat fokus untuk mengikuti tahapan UNBK selanjutnya.

"Berhubung besok libur kita himbau siswa jangan bepergian jauh dan jaga kesehatan. Rajinlah belajar untuk mengikuti ujian selanjutnya," harapnya.

UNBK 2019 tingkat SMA sederajat berlangsung selama 4 hari, yakni 1 April, 2 April, 4 April, dan 8 April 2019. Setiap hari, ada tiga sesi UNBK, yaitu pukul 07.30-09.30, 10.30-12.30, dan 14.00-16.00 WIB. (Van)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar