Bupati Suyatno: Pemilih Pemula Diharapkan Salurkan Hak Pilihnya

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Jelang pemilu serentak pileg dan pilpres, Bupati Rokan Hilir Suyatno memgingatkkan khususnya kepada pemilih pemula, supaya mengunakan hak politik pada 17 april 2019.

Bupati H. Suyatno menyampaikan, bagi pemilih pemula untuk menyalurkan hak pilihnya, dan kita akan memberi masukan agar memiliki hak politik, serta punya kesadaran pentingnya arti sebuah demokrasi.

"Inilah pertama kali anak-anak pemula melakukan pencoblosan memberi hak suaranya, silakan hak pilihnya disularkan kepada siapa saja", imbuh Bupati Rohil H. Suyatno pada Sabtu (30/3/2019), di sela-sela peninjauan lokasi rencana pembangunan masjid Cheng Ho.

Dijelas, Bupati tidak hanya bagi kalangan pelajar pemilih pemula bahkan, masyarakat umum sangat penting supaya tingkat partisipasi pemilih dinegeri seribu kubah meningkat.

Ia menegaskan, jangan sempat terjadi partisipasi pemilih menurun berdasarkan dari evaluasi pemilu Gubernur Riau kemarin, bahwa tingkat partisipasi 51 persen. Hal ini sangat penting kesadaran mendongkrak partisipasi pemilih.

Dalam hal ini, lanjut Suyatno, media memiliki peranan untuk mengajak masyarakat mengunakan hak pilihnya sepanjang waktu, hingga hari ini masih ada pemilih pemula yang tidak punya e-KTP. Dalam hal ini, pemda memberikan jalan keluar bagaimana pemilih pemula bisa menyalurkan hak politiknya.

Bahkan, sambungnya, mulai besok pelayanan e-KTP khusus pemilih pemula, diberikan jalan keluar untuk mendapat e-KTP, sebagai dukungan dari pemerintah pembuat e-KTP akan dipusatkan Dikantor BPKAD Bagansiapiapi.

Sementara Pelayanan e-KTP menjelang Pilpres dan Pileg melalui surat edaran, pelayanan pada minggu dan sabtu akan diberikan pelayanan tersebut. "Ini instruksi pemerintah pusat supaya pelayanan e-KTP jelang pilpres segera ditindak lanjuti seluruh indonesia", tegasnya.

Ia menegaskan, Disduk Rohil agar menyiapkan mobil pelayanan didepan kantor BPKAD, dan bagi yang hendak mengurus e-KTP harus membawa kartu keluarganya.

"Saya berharap kepada masyarakat khususnya Rohil, mengunakan hak politik beramai-ramai datang ke TPS guna menyalur hak politiknya", pinta Bupati. (Syofyan)

 


 

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar