DLH Siap Tangani Sampah

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Sampah di wilayah Rokan Hilir tiap harinya diangkut petugas mengunakan mobil operasional Dinas Lingkungan Hidup Rokan Hilir, mencapai 4 ton dalam per-hari, Demikian disampaikan Kadis Lingkungan Hidup Rohil, Suwandi, S.sos, Jum'at, (22/02/2019).

Menurut Suwandi, sampah-sampah rumah tangga dari masyarakat dibuangkan ditempat pembuangan akhir (TPA) diperkirakan mencapai 4 ton per-hari yang belum adanya pemilahan.

"Perlu adanya kesadaran semua pihak, karena sampah menjadi masalah nasional, jika tidak serius menangganinya bisa menimbulkan bencana", ungkap Kadis DLH ini.

Dengan langkah pradigma ini, bagaiamana sampah menjadi nilai ekonomis, namun masyarakat harus menyadari sampah yang dibuang ke tempat pembuang sampah (TPS) terlebih dulu diasingkan, baik sampah organik dan non organik.

Pihaknya, siap menyediakan tong-tong sampah kelokasi yang strategis di daerah kota Bagansiapiapi, maupun kota di Bagan Batu.

Sedangkan sampah pembuangan masyarakat tidak dipilah lagi, karena telah diasingkan, sehingga sampah yang berguna seperti bahan plastik dan botol mineral, dimanfaatkan jadi nilai ekonomis masyarakat.

Sedangkan pemerintah, Pada Hari pencananagan Sampah Nasional yakni sampah yang digunakan sebesar 30 persen dan 70 persen penangganan.

Selama ini masih pakai pradigma yang lama, sampah dibuang tanpa pemilahan, Sekarang Hasilnya sampah yang dibuang ke-TPS bisa dimanfaatkan dan diolah kembali menjadi kompos (Pupuk), dan industri kerajinan.

Kadis DLH Suwandi menegaskan, dukungan perusahaan sangat diharapkan, karena gerakan sampah ini sipatnya nasional tidak hanya diterapkan di kota, bahkan setiap kecamatan juga dilakukan.

Pihak perusahaan bisa memberikan dukungan dan bantuan tersebut melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR), bantuan seperti bentuk pengunaan tong-tong sampah, mobilisi angkutan sampah, dan lainya.

Tambahnya, personilnya Siap bekerja selama 24 jam, baik itu petugas penyapu jalan, petugas angkut sampah, serta petugas pertamanan tukar shif, pagi, siang serta Shif malam. (Syofyan)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar