Kunker OPD Distan Solok, Ini Yang Dipelajari Dari Diskominfo Pelalawan

PELALAWAN, RIAUBERNAS. COM - Dinilai selama ini Diskominfo Pelalawan telah baik dalam pengelolaan informasi sehingga antara OPD dan Diskominfo telah saling berkesinambungan. Hal ini membuat data dan informasi bisa terupdate dengan cepat mengunakan media informasi dan teknologi yang ada bahkan sudah berjalan dengan baik, seperti informasi kegiatan Pemerintah Kabupaten sudah terkelola dengan baik melalui website, media sosial facebook dan instagram, dan layanan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) juga sudah dibuka untuk masyarakat umum, membuat Pemerintah Kabupaten Solok terutama bagi OPD Dinas Pertanian belajar hal ini ke Diskominfo Pelalawan, Kamis (14/2/2019). 

Dalam kunjungan itu, rombongan dari Dinas Pertanian Kabupaten Solok yang berjumlah 7 orang terdiri dari Kabid, Kasi dan beberapa orang staff  diterima langsung oleh Pelaksana tugas (Plt) .Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pelalawan Hendri Gunawan  di Aula Simpatik Diskominfo Pangkalan Kerinci,  didampingi para kabid lainnya yakni Kabid Pengelolaan E-Government Saud Abdillah,M.Si, Kabid Informasi Masril,M.Ag, Kabid Data dan Statistik Yunasril,S serta Kabid Komunikasi Abizar,S.Pd. di Aula Simpatik Diskominfo Pangkalan Kerinci..

Pada kesempatan itu,  Plt.Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pelalawan Hendri Gunawan menjelaskan bahwa Diskominfo sebagai leading sector kebutuhan teknologi, informasi dan komunikasi dalam menjalankan sebagaimana tugas dan fungsi Diskominfo sebagai penyelenggara urusan pemerintahan bidang komunikasi, informatika, statistik dan persandian sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Bupati Kabupaten Pelalawan Nomor 10 Tahun 2016.

"Kebutuhan akan data dan informasi kita sudah maksimalkan dimana sekarang kita sedang mengembangkan beberapa aplikasi berbasis web dan mengeluarkan surat himbauan yang ditujukan  kepada operator yang ada di OPD agar aktif mengupdate data dan  informasi dari OPD yang bersangkutan melalui website OPD yang dikelola secara resmi oleh Diskominfo," ujarnya. 

Lanjutnya,  di samping itu pihaknya juga telah memfungsikan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Diskominfo yang memiliki peranan penting sebagai tempat dan sarana di dalam menyediakan dan mengamankan Informasi Publik, serta memberikan pelayanan Informasi publik yang cepat dan tepat kepada masyarakat.

Sementara itu Kepala Bidang Informasi Masril,M.Ag mengatakan bahwa selama ini tidak ada kendala atau hambatan dari OPD untuk menyampaikan data dan informasinya kepada Dinas Kominfo. Ini dikarenakan pihaknya sudah memiliki website yang sudah terhubung ke OPD lain sehingga masyarakat bisa mengaksesnya di luar. 

"Selain itu, kita juga bisa sampaikan dan publikasikan kegiatan pemerintah daerah, serta potensi daerah yang dimiliki saat ini melalui website serta keberhasilan daerah yang dicapai sehingga informasi itu up to date kepada masyarakat," katanya. 

Ke depan, rencananha pihaknya juga akan memperkuat radio Pemkab Pelalawan yaitu Suara Bono FM dengan menggunakan akses streaming yang akan dirancang sehingga radio ini bisa didengar hingga di luar Kabupaten Pelalawan se Indonesia bahkan nantinya bisa sampai keluar negeri.  

"Selain itu,  OPD dan masyarakat kita sudah dipermudah untuk mendapatkan informasi dengan mengakses website pelalawankab.go.id, diskominfo.pelalawankab.go.id atau infopublik.id, disamping itu juga masyarakat bisa berkomunikasi dengan Pemerintah Kabupaten kita melalui media sosial  yakni facebooknya dengan nama Pemkab Pelalawan dan Instagram nya  mediacenter.pelalawan," tukasnya.(ndy)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar