Rawan Kriminal, Polsek Tualang Himbau Jangan Pancing Pelaku Kejahatan

Poto ilustrasi.

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Kota industri Perawang, akhir-akhir ini marak dengan tindakan kriminal, hal itu membuat sejumlah masyarakat mengaku resah. Kepolisian Sektor Tualang berharap, kepada masyarakat terutama pengendara untuk tidak memancing pelaku kejahatan. Kejahatan bukan karena niat pelaku, melainkan ada kesempatan.

Begitulah himbauan yang dilontarkan Kapolsek Tualang Kompol JJ Hutapea, melalui Kanit Reskrim Polsek Tualang IPDA Muslim kepada Riaubernas.com, Selasa (12/2/2019) diruangannya.

Polsek Tualang juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat bepergian dari rumah. Bagi perempuan, agar tidak menggunakan perhiasan yang dapat memancing terjadinya aksi kejahatan, dan mengeluarkan barang berharga lainnya saat berada di luar rumah, apalagi berada di tempat rawan kriminal.

"Saya lihat warga di Perawang ini terutama perempuan, banyak yang mengundang pelaku kejahatan. Ada yang genggam handphone saat berkendara, bahkan banyak juga yang berkendara sambil berselfie ria. Itu namanya mengundang pelaku kejahatan," cerutu Muslim kepada awak media.

Ditambahkan mantan Provost Polresta Pekanbaru itu, bahwa dirinya sering kali melihat ibu-ibu pulang dari pasar berkendara sambil menenteng tas. Padahal, ibu-ibu tersebut berkendara dengan sepeda motor jenis matik.

"Kalau bisa, ketika berkendara dengan sepeda motor, barang-barang berharga letakkan di jok motor. Jangan beri kesempatan pelaku kejahatan," jelasnya.

Polisi menghimbau kepada masyarakat tidak membawa barang berharga ketika melintasi jalan rawan kriminal, seperti Jalan Gajah Tunggal, Jalan M. Ali, Jalan Hang Jebat, Simpang Bakal, Jalan Pemda, dan kurangi aktivitas pada malam hari.

Mantan Kanit Narkoba Polres Siak ini juga mengajak masyarakat untuk perangi narkoba. "Perlu diketahui, semua kriminal yang dilakukan oleh pelaku rata-rata karena mereka kencanduan narkoba. Karena itu mari bersama-sama kita berantas narkoba," tutupnya. (Van)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar