Kunjungi Tekhno Park Pelalawan, Menko Maritim Sebut Pelalawan Kaya dengan SDA

PELALAWAN, RIAUBERNAS. COM - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) menyebut bahwa Kabupaten Pelalawan merupakan daerah yang kaya. Adanya Gas, Minyak dan kelapa sawit membuktikan bahwa daerah ini kaya dengan Sumber Daya Alam (SDA).

Hal ini disampaikan Menko Maritim Luhut saat kunjungan kerja (Kunker)-nya ke kawasan Techno Park di Langgam,  Pelalawan,  Rabu (17/1/2019). Menurutnya,  
Kelapa sawit akan menjadi industri yang sangat strategis bagi indonesia. Ini dikarenakan saat ini saja produksi kelapa sawit di Indonesia mencapai 40 juta ton.

"Jadi Bapak Presiden memerintahkan bagaimana 40 persen yang ada itu kepemilikannya dipunyai oleh petani-petani kecil sehingga produksi perhektarnya bisa meningkat menjadi 5,6 atau 7 ton/ hektar," katanya. 

Lanjutnya,  apalagi jika kelapa sawit tersebut memiliki bibit yang bagus maka hal itu akan membuat produksi masyarakat bisa ditingkatkan menjadi 70,80 bahkan bisa mencapai 100 juta ton/hektar,dengan luas 14 juta hektar.

"Untuk harga sawit, kemarin Bapak Presiden telah memutuskan mengambil revinya dan harganya sudah mulai naik. Dan kemudian untuk dana 33 triliun yang tersedia, dana sawit itu akan disubsidikan ke bawah," ujarnya. 

Sebelumnya,  saat Bupati Pelalawan menyampaikan kata sambutannya,  orang nomor satu di Kabupaten Pelalawan itu menceritakan soal kondisi daerah ini yang pernah menjadi daerah tertinggal. Ada lima indikator ketertinggalannya yaitu di bidang kesehatan, pendidikan, ratio elektrifikasi listrik serta tingginya angka kemiskinan.

"Namun alhamdulillah,  berkat kerjasama semua pihak, baik dari pemerintah,  pihak swasta maupun, ketertinggalan ini semua bisa kita kejar.  Bahkan untuk elektrifikasi listrik bisa dikatakan daerah kita memiliki elektrifikasi listrik tertinggi, " tukasnya. 

Dalam Kunker itu, tampak hadir Deputi Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi BPPT  Dr.ir.Gatot Dwiyanto M.Eng, Gubernur Riau Wan Thamrin, Bupati Pelalawan H.M.Haris, Bupati Rohul H.Sukiman, Bupati Siak Drs.H.Syamsuar M.Si , Wabup Pelalawan,  Sekda Pelalawan, para tamu undangan serta seluruh masyarakat yang hadir pada kesempatan tersebut se- Kabupaten Pelalawan. (ndy) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar