Sutopo: Pelantikan Kepala BNPB Ditunda Karena Administrasi

Sutopo Purwo Nugroho/Int.

JAKARTA, RIAUBERNAS.COM - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, menyatakan penundaan pelantikan kepala BNPB baru disebabkan masalah administrasi. Menurut dia, dalam waktu dekat masalah itu akan rampung.

Sutopo menuturkan, pemerintah harus menyelesaikan administrasi terkait pergantian jabatan pimpinan BNPB. "Ada aturan yang akan diperbaiki oleh presiden sehingga ditunda dalam waktu dekat. Hanya ditunda, bukan dibatalkan," kata dia di kantornya, Jakarta, Rabu, 2 Januari 2019, sebagaimana dikutip Tempo.co.

Dia mengaku tak tahu alasan pergantian jabatan tersebut. Sebab, Kepala BNPB, kata dia, merupakan pejabat setingkat menteri yang bertanggung jawab langsung kepada presiden. Keputusan untuk mengangkat dan memberhentikan pejabat tersebut sepenuhnya berada di tangan presiden.

Kabar penggantian Kepala BNPB mencuat setelah undangan pelantikan tersebut beredar. Juru Bicara Presiden Johan Budi yang mengkonfirmasi kebenaran undangan itu. Ia mengatakan presiden akan melantik Kepala BNPB yang baru pada Rabu pagi, 2 Januari 2019 di Istana Negara.

Dia mengkonfirmasi pejabat baru tersebut ialah Letnan Jenderal Doni Monardo, Sekretaris Jenderal Dewan Pertahanan Nasional. Doni akan menggantikan Laksamana Muda (Purn) Willem Rampangilei.

Namun tak lama setelahnya Johan mengabarkan pelantikan ditunda. "Mohon maaf, pelantikan Kepala BNPB tidak jadi besok. Ditunda," kata Juru Bicara Presiden, Johan Budi, melalui pesan singkat pada Selasa, 1 Januari 2019. Johan menuturkan, kabar itu dia dengar dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Pratikno mengabarkan informasi tersebut kepada wartawan. "Menginfokan, tidak ada pelantikan. Maaf jika sudah dengar ada pelantikan," katanya.

Johan kemudian mengabarkan bahwa penundaan pelantikan Doni Monardo berkaitan dengan agenda presiden. "Pak Presiden mendadak harus ke Lampung," ujarnya. Jokowi berangkat untuk meninjau lokasi terdampak tsunami Selat Sunda dan menjenguk para korban. (*)
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar