Kadiskes Rokan Hilir: Bangunan Puskesmas Bangko Memiliki Desain Wisata

ROKAN HILIR, RIAUBERNAS.COM - Pembangunan Pukesmas yang megah dengan gaya desain wisata pada awal Januari 2019 akan diresmikan kementerian kesehatan.

Pusat Kesehatan Masyarakat (Pukesmas) untuk Kecamatan Bangko, dengan sumber anggaran Dana Alokasi Khususnya (DAK) Sebesar Rp.4.6 milyar tahun 2018, segera ditempati, dan rencananya akan diresmikan Kementerian Kesehatan. Demikian dikatakan Kadiskes Rohil, Hj Dahniar, Mkes, Jum'at (28/12/2018) di Bagansiapiapi.

Dikatakan Hj Dahniar, bahwa pembangunan Pukesmas untuk Kecamatan Bangko, pelaksanaan pekerjaan kini telah rampung sesuai speak yang diharapkan, dan pekerjaan selesai sesuai batas waktu yang ditentukan yaitu 17 Desember 2018.

Sementara di tahun 2019, tambah Hj Dahniar, akan dilanjutkan pembangunan Pukesmas Bagan Punak, untuk Kecamatan Bangko berlokasi di Simpang Ikan yang sebelah bangunan UNRI, begitu juga dengan Pukesmas Rimba Melintang.

"Ini merupakan bangunan desain berkonsep wisata, sehingga bangunan memiliki daya tarik yang  tersendiri dinegeri seribu kubah, dan Pukesmas tak hanya dikunjungi orang sakit, akan tetapi bagaimana pukesmas menjadi daya tarik wisata dari luar berkunjung pada moment puncak event didaerah ", katanya.

Harapkan semua kalangan masyarakat untuk menjaga bangunan pukesmas tersebut, begitu juga dengan kebersihan lingkungan sekitarnya.

Terkait penilaian Kemenkes terhadap pelayanan pukesmas, Ia mengatakan, Pukesmas diwilayah Rokan Hilir sudah dapat, bahkan 9 Pukesmas terakreditasi di tahun 2020. Ditargetkan seluruh Puskesmas telah terakreditasi kedepannya.

"Kita ketahui bahwa pukesmas adalah tempatnya pengelolaan kesehatan, namun tidak hanya didatangi orang sakit saja, akan tetapi pukesmas tersebut bakal didatangi pengunjung wisata setiap event ", ungkap mantan Direktur RSUD Protomo ini.

Terkait kelengkapan peralatan medis pukesmas, tergantung APBD tersedia, sesuai standar yang ada, bahkan program Imunisasi MR dicanangkan pusat tersebut, Pukesmas Rohil mencapai 69 persen didaerah Riau.

"Bahkan untuk Kecamatan Sinaboi, Program Imunisasi MR mencapai 100 persen, dan itu melebihi target ", tambahnya. (Syofyan)

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar