182 CPNS Diangkat Jadi PNS, Ini Pesan Bupati Pelalawan

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Orang nomor satu di Kabupaten Pelalawan, HM Harris, memberi pesan pada 182 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Pelalawan. Harris mengingkan agar PNS yang sudah mengucapkan sumpah dan janji dapat menghayati sumpah atau janji tersebut dalam setiap tugas yang di laksanakan. 

"Sumpah dan janji yang tadi diucapkan adalah sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab moral terhadap konsekuensi menjadi PNS di Pemerintah Kabupaten Pelalawan," tandas Bupati Pelalawan dua periode itu saat memberikan sambutan di acara Pengambilan Sumpah dan Janji Pegawai Negeri Sipil di Gedung Daerah Laksamana Mangkudiraja, Rabu (5/9/2018).  

Harris mengatakan bahwa sumpah dan janji pegawai negeri sipil sebagaimana telah diatur dalam Ketentuan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Pasal 66 Ayat (1) tentang Aparatur Sipil Negara. Momentum pengambilan sumpah PNS ini memiliki arti penting yang menandai awal pengabdian yang relatif panjang bagi pelayanan publik. 

"Pelayan publik yang baik haruslah memberikan pelayanan prima yang didasari dengan keikhlasan, loyalitas dan kesetiakawanan moral dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa," katanya. 

Ia mengatakan bahwa ada tiga poin penting dari janji dan sumpah PNS yang tidak hanya sebatas ucapan yaitu PNS berkewajiban untuk menjaga sikap dan bertindak sesuai dengan norma hukum dan etika. Tak hanya itu, PNS juga diharapkan mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan sesuai dengan Panca Prasetya Corps Pegawai Republik Indonesia.

"Dan yang harus diingat, seorang PNS itu harus berlaku jujur, tertib, cermat dan bersemangat untuk kepentingan negara," tegasnya.

Di akhir sambutannya, mantan Ketua Adkasi ini juga mengajak para PNS untuk memiliki tingkat disiplin dan tanggung jawab yang tinggi serta harus produktif dan inovatif dalam mensukseskan 7 Program Strategis dalam menuju Pelalawan Emas yakni Ekonomi, Mandiri, Aman dan Sejahtera. 

"Tingkatkan kompetensi, produktif dan inovatif serta disiplin dalam mensukseskan program pemerintah daerah menuju Pelalawan Emas dengan senantiasa menerapkan nilai–nilai dasar profesionalisme Aparatur Sipil Negara yang kita kenal dengan sebutan ANEKA  (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi)," ujarnya

Sekedar diketahui, dari 182 CPNS tersebut, 113 CPNS berasal dari tenaga kesehatan dan penyuluh pertanian, 59 orang PNS susulan dan 10 orang dari lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Di samping kegiatan pengambilan sumpah dan janji CPNS menjadi PNS, Bupati Harris juga  melantik sebanyak 113 orang pada jabatan fungsional tertentu yakni tenaga kesehatan sebanyak 99 orang dan penyuluh pertanian sebanyak 14 orang.

Turut mendampingi Bupati Harris yakni Wakil Ketua DPRD Supriyanto, Sekda Tengku Mukhlis, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Edi Suriandi, Asisten Administrasi Umum Emir Effendi. (*/rls)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar