Warga Rawang Air Putih Temukan Meriam Bersama Peluru di Sungai Siak

Meriam yang ditemukan warga Rawang Air Putih di sungai Siak.

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Warga Rawang Air Putih Kecamatan Siak, berhasil menemukan sebuah meriam beserta pelurunya di Sungai Siak. Benda sejarah itu ditemukan saat warga mengambil kayu balak di Sungai Siak.

"Yang menemukan warga Kampung Rawang Air Putih, Selasa (7/82018) kemarin. Saat itu dia sedang mengambil kayu balak di Sungai Siak", terang Kabid Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Siak, Ari Darmawan kepada awak media, Rabu (8/8/2018) via telepon seluler.

Dijelaskan Ari, Awalnya warga Kampung Air Putih mengira mariam tersebut adalah kayu, namun setelah dicek, ternyata sebuah besi berkarat. Penemuan itu langsung dilaporkan ke Penghulu Kampung (Kepala Desa) Rawang Air Putih dan mengamankannya.

"Kami menerima informasi ini dari penghulu kampung. Selain meriam, warga itu juga menemukan dua butir peluru yang sudah berkarat. Dan sudah diangkat ke pompong (kapal motor,red) warga tersebut", jelas Ari.

Penemuan benda kuno itu juga langsung menjadi perhatian. Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak juga langsung ke lokasi.

"Benda itu langsung diserahkan ke Pak Kadis Pendidikan. Sebab sesuai dengan prosedurnya, Bidang Kebudayaan di Dinas itulah yang berhak mengamankannya", kata Ari lagi.

Masih menurut Ari, rencananya benda itu akan di bawa ke Balai Kerapatan di Kampung Tengah, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak untuk dikaji. Kemudian kita akan tahu apa jenis maupun sejarah tentang meriam tersebut.

"Setelah di kaji, kita baru tahu jenis dan tahun berapa meriam ini dibuat. Setelah itu baru disepakati bersama, di mana ditempatkan meriam beserta dua butir pelurunya tersebut", jelas Ari.

Ari menambahkan, saat ditemukan, meriam itu tidak aktif lagi. Namun menurutnya masih bisa diaktifkan kembali. "Saat ditemukan tak aktif. Tapi sejatinya bisa diaktifkan kembali, kendati meriem beserta pelurunya sudah berkarat", pungkasnya. (Van)
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar