KPU Rohil Terima 190 Kotak Surat Suara Pilgubri

KPU Rohil sedang melakukan pelipatan surat suara Pilguri.

ROHIL, RIAUBERNAS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rokan Hilir, menerima 190 Kotak berisikan Surat Suara Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Riau yang akan berlangsung pada 27 Juni 2018 mendatang,

Komisioner KPU Rokan Hilir Supriyanto,SH.Msi menerangkan, sebanyak 190 Kotak surat suara Pilgubri yang kami terima sesuai dengan Daftar pemilih tetap (DPT) dan termasuk suara suara Cadangan 2.5 persen disetiap TPS.

"Dalam satu kotak berisikan 2000 surat suara, termasuk satu kotak yang berisikan 1200 surat suara cadangan", ungkap Komisioner KPU Supriyanto, Kamis (7/6/2018) dikantor KPU.

Saat ini pihak KPU Rokan Hilir tengah melakukan penyotiran dan memeriksa, serta menghitung surat suara, dan mulai dilakukan pelipatan malam ini, ditargetkan selama tiga hari sudah selesai. Jumlah pelipatan surat suara disesuai dengan kebutuhan dari masing-masing TPS.

Sedangkan, untuk logistik lainnya seperti formulir, tinta, alat coblos, surat berhollogram, serta peralatan pendukung lainnya, masih menunggu proses pengiriman dari Provinsi.

"Kami masih menuggu proses pengiriman dari Provinsi Riau, jika semua sudah lengkap, selanjutnya  dilakukan penyesuaian dengan jumlah pemilih, kemidian dikemaskan dalam satu kotak, dan didistribusikan ke TPS di tiap-tiap Kecamatan", terang Ketua Himpunan Mahasiswa Islam ini.

Proses distribusi memang agak panjang, terkait dengan surat suara, perlunya diteliti lebih jauh, ini kan menyangkut dokumen negara yang menjadi konversi suara rakyat agar bisa terpilih Gubernur atau Bupati lewat pemilihan langsung.

Sementara,lanjutnya, bila ada nantinya surat suara yang cacat atau rusak maupun sudah tidak bagus akan dicatat, untuk dilaporkan dan disampaikan melalui koordinasi Panwaslu Rohil dan Kepolisian.

"Begitu juga jika terjadi adanya kekurangan surat suara, pihak KPU berkoordinasi untuk minta penambahan melalui Panwaslu Kabupaten Rohil dan Kepolisian", tambah Supriyanto. (Syofyan R)
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar