Banyak Guru Kurang Paham, Dinas Pendidikan Gelar Pelatihan DUPAK Bagi Guru

Kepala Dinas Pendidikan Pelalawan, Syafruddin M.si, memberikan sambutan sekaligus membuka pelatihan angka kredit bagi para guru di Grand Hotel.
PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Sampai saat ini, masih banyak guru yang kurang memahami dan kurang mengerti unsur-unsur kegiatan guru yang dinilai angka kreditnya. Tak hanya itu, guru juga masih banyak yang belum memahami bagaimana penilaian dan penetapan angka kreditnya. Atas dasar alasan itulah, Dinas Pendidikan Pelalawan menggelar Pelatihan Pemberkasan dan Penuangan Angka Kredit ke Daftar Usulan DUPAK Jabatan Fungsional Guru. 
 
Hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia pelatihan, Nasiki, saat membuka acara pelatihan pemberkasan dan penuangan angka kredit tersebut di Grand Hotel, Kamis malam (14/3). Menurutnya, padahal pelatihan pemberkasan dan penuangan angka kredit ke daftar usulan DUPAK Jabatan Fungsional Guru itu sesuai dengan Permen Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
 
"Tujuan pelatihan ini sendiri adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang Dupak dan mekanisme penilaiannya. Selain itu juga, memberi pembekalan pada peserta agar mampu membuat atau menuangkan angka kredit guru ke dalam format Dupak," katanya.
 
Kegiatan ini sendiri, sambungnya, diikuti oleh 120 orang guru dari 12 kecamatan, dimana tiap kecamatan diwakili oleh 10 orang guru. Dia mengharapkan dengan adanya pelatihan ini maka para peserta dapat menguasai tata cara penuangan angka kredit guru dengan benar dan mempunyai persepsi yang sama dalam pengusulan Dupak.
 
"Peserta juga mampu menuangkan angka kredit guru ke dalam format Dupak yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Di samping itu, pelatihan ini sekaligus juga mempersiapkan tenaga ahli yang dapat membuat Dupak guru di sekolah-sekolah yang ada di daerah ini," ujarnya.
 
Pelatihan yang diikuti oleh 120 guru ini, lanjutnya, akan digelar dari tanggal 15-19 Maret di Grand Hotel. Dengan para pesertanya adalah guru berstatus PNS minimal pangkat Penata Muda Golongan III/a dan jabatan guru pertama yang belum pernah mengikuti kegiatan yang sama.
 
Kepala Dinas Pendidikan Pelalawan, Drs Syafruddin, yang hadir dalam kegiatan tersebut, menyatakan apresiasinya atas kegiatan yang dilaksanakan ini. Menurutnya, pelatihan seperti ini sangat penting artinya bagi para guru guna meningkatkan jenjang karir mereka di bidang pendidikan.
 
"Karena itu, saya meminta agar para peserta benar-benar bisa mengikuti kegiatan ini secara intens sehingga bisa mengerti dan memahami apa yang disampaikan oleh para pelatih," tukasnya. (tha/sam)
 
 
Editor : Andy Indrayanto
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar