Meriahkan HUT Bhayangkara ke 78, Percasi Pelalawan Gelar Open Tournament Catur Non Master & Pelajar SMA, SMP & SD

PELALAWAN - Sempena HUT Bhayangkara ke 78, Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Pelalawan bekerjasama dengan Polres Pelalawan menggelar Open Tournament Catur Non Master & Pelajar SMA, SMP & SD. Lomba open tournament  catur yang perdana ini rencananya akan digelar di Balai Seminai, Pangkalan kerinci, mulai tanggal 22-23 Juni 2024.

"Alhamdulillah, semua persiapan untuk pertandingan yang akan mulai kita gelar Sabtu dan Minggu besok itu sudah rampung, termasuk pembukaan event tournament Catur itu sendiri yang akan dibuka pukul 08.00 pagi besok," terang Ketua Percasi Kabupaten Pelalawan, H. Syafrizal, SE, pada media ini, Jum'at (21/6/2024).

Syafrizal menjelaskan open tournament Catur perdana yang digelar ini begitu antusias diminati para Catur mania di Riau bahkan di luar Riau. Ini terbukti dari daftar peserta yang masuk sampai hari ini yang merupakan batas akhir pendaftaran, di kategori umum peserta yang sudah mendaftar sebanyak 118 orang berasal dari semua kabupaten yang ada di Riau, bahkan ada peserta yang dari luar Riau, seperti dari Sumut dan Sumbar.

"Kategori SMP/SMA Putra/Putri setakat ini yang mendaftar sebanyak 19 orang, kategori SD Putra/Putri yang sudah mendaftar sebanyak 20 orang dan kategori Anggota Polri yang mendaftar sembilan (9) orang," kata Syafrizal yang juga Ketua DPC PDIP Pelalawan ini.

Diakuinya, digelarnya open tournament Catur ini adalah dalam rangka mencari bibit-bibit atlit Catur untuk daerah ini. Apalagi di Kabupaten Pelalawan memang memiliki potensi bibit-bibit Catur yang handal.

"Kita di Kabupaten Pelalawan memiliki satu Master Nasional (MN) dan akan kita turunkan juga dalam open tournament nanti. Jadi gini, untuk pertandingan besok kan yang kita buka gelar non master jadi yang Master ini tak boleh masuk Pelalawan. Tapi khusus untuk Kabupaten Pelalawan dia boleh mengeluarkan Master-nya, dan itu sudah biasa dilaksanakan di mana-mana tempat," ujarnya.

Lanjutnya, untuk tehnis pertandingannya sendiri maka setiap pemegang buah putih wajib menyediakan peralatan catur, peserta berpakaian rapi dan memakai sepatu, jadwal pertandingan dimulai tanggal 22- 23 Juni 2024 di Balai Seminai Pangkalan Kerinci - Kab. Pelalawan atau depan Rumah Dinas Bupati Pelalawan, pendaftaran peserta via transfer rekening, tidak menerima pendaftaran ditempat pertandingan dan ditutup tanggal 21 Juni 2024.

"Untuk ketentuan khususnya bagi peserta/atlit  dari Kabupaten Pelalawan bersifat open atau semua atlit boleh ikut bermain bergelar ataupun tidak. Pendaftaran masih kita buka sampai hari ini dengan membayar uang pendaftaran sebesar Rp. 100 ribu untuk umum non master sedangkan pelajar hanya Rp. 50 ribu melalui rekening TF ke rek Bank Riau SyariahNo rek 1183101955 atas nama Sudirman. Dan bagi yang sudah mendaftar bisa kontak person Erwinsyah di nomor 081270531326. (WA) dan Sudirman di nomor 085280803183 (WA)," bebernya.

Terpisah, Ketua KONI Pelalawan, Marjohan Syah, SE, menyatakan apresiasinya atas Open Tournament Catur Non Master & Pelajar SMA, SMP & SD yang digelar Percasi Pelalawan ini. Apalagi open tournament ini juga akan diikuti oleh sejumlah Master Nasional, dengan memperebutkan total hadiah sebesar Rp. 20 juta.

"Kita berharap adanya open tournament Catur ini dapat menjadi ajang seleksi para junior untuk Catur sebagai persiapan Porprov 2026 nanti," tukasnya. (ndy) 
 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar