Peringatan Bulan K3 Momentum PEP Lirik-PHE Kampar Tingkatkan Kesadaran Pekerja

INDRAGIRI HULU, RIAUBERNAS.COM – Pertamina EP Lirik dan Pertamina Hulu Energi (PHE) Kampar mengajak seluruh pekerjanya untuk memperingati bulan K3 dengan berbagai kegiatan. Peringatan bulan K3 yang diadakan sepanjang bulan Januari-Februari ini diisi dengan seminar kesehatan, perlombaan olahraga dan pelombaan simulasi pertolongan pertama pada kecelakaan hingga pemadaman kebakaran.

Pjs Manager Lirik Field Ali Berliansyah mengatakan peringatan bulan K3 menjadi momentum peningkatan kesadaran pekerja terhadap kesehatan dan keselamatan kerja. Temanya kali ini adalah "Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha".

Dalam sambutannya, Ali menyampaikan bahwa keselamatan merupakan tanggung jawab bersama. "Baik di lapangan maupun di kantor, potensi bahaya ada. Inilah yang diupayakan bersama, menjadi tanggung jawab bersama, untuk memastikan keselamatan kerja,” ungkap Ali.

Mendukung keselamatan kerja dapat dimulai dari diri sendiri dengan memastikan kita sehat dan fit dalam bekerja. Karena itu pada pembukaan peringatan bulan K3 pada 25 Januari lalu diadakan Seminar Health Awareness dengan tema Pola Hidup Sehat dalam Bekerja. Hadir sebagai pembicara dr. Ari Yusufhi yang membahas masalah kesehatan yang mayoritas dimiliki pekerja Lirik-Kampar Field berdasarkan hasil medical check up. “Kebanyakan masalah gigi. Selain itu juga ada beberapa yang terdeteksi gula darah tinggi, hipertensi dan juga kolesterol. Hal-hal ini yang datangnya dari pola hidup yang kurang sehat,” ungkap dr Ari mengawali.

dr Ari juga mengungkap tips bagi pekerja shift malam agar kesehatan terpelihara. “Jangan jadikan makanan sebagai hiburan. Biasanya untuk mengusir bosan, makan atau nyemil,” ungkapnya.

Pada malam hari, jam biologis tubuh kita saatnya beristirahat sehingga makan atau nyemil menyebabkan kelebihan berat badan. Dia juga mengingatkan untuk menghindari gula, minuman manis terutama yang instan dan juga tidak menyalahgunakan kafein.

HSSE Superintendent Lirik-Kampar Field Deddy Syamsuddin menambahkan bahwa perayaan bulan K3 juga merupakan salah satu upaya kita dalam rangka meningkatkan solidaritas, kolaborasi dan keharmonisan antar fungsi. Pentingnya dalam pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul adalah dengan membangun budaya K3 yang baik.

“Dengan adanya budaya K3 yang unggul maka angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja akan dapat ditekan, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja. Semoga dengan dilaksanakan serangkaian kegiatan ini dapat menambah semangat kita untuk selalu membangun budaya kerja yang baik,” tutupnya.

Pertamina EP Lirik dan PHE Kampar senantiasa menjalankan operasi produksi yang handal dengan mengutamakan keamanan dan keselamatan. Berkat itu, perusahaan mencapai zero lost time incident (LTI) atau nihil kecelakaan yang menyebabkan hilangnya waktu kerja. (**)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar