Kondisi Terkini 16 Rumah Warga Rohil Terdampak Banjir

Bupati Rohil pantau Kondisi Banjir di kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan

Rohil (RBC ) Kondisi Banjir Awal Tahun 2024 terparah di Beberapa Kecamatan Kabupaten Rokan Hilir Cukup memperihatinkan  Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong sempat turun gunung mengecek kondisi  banjir di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Rabu (10/1/2024).

Selain Peninjauan lokasi Banjir Bupati berdialog dengan warga di Posko siaga bencana Banjir  di Kepenghuluan Labuhan Papan.

Bupati Rohil Afrizal Sintong mengungkapkan, bencana banjir tidak hanya terjadi di Rokan Hilir, bahkan juga terjadi disejumlah perumahan warga di beberapa kabupaten ikut terendam termasuk jalur jalan lintas Sumatera sempat membuat macet kendaraan.

" Sebenarnya daerah Tanah Putih Tanjung Melawan agak tinggi dan hanya bibir sungai agak tenggelam. Menurut data yang kami terima, sudah sebanyak 16 ribu KK rumah warga yg tenggelam di Kabupaten Rokan Hilir," katanya.  

Ia meminta camat untuk terus update mendata jumlah warga korban terdampak banjir karena sebelumnya dari jumlahnya 16 ribu KK berkemungkinan akan terus bertambah.

Mengenai dampak banjir ini, Bupati khawatir akan berpengaruh pada saat jelang Pemilu.oleh  Karena menurutnya, banyak warga yang tidak ikut memilih karena banyak TPS yang terendam.

" Untuk itu ada beberapa titik TPS kita  pindahkan. Terutama di Kecamatan Rantau Kopar,  hampir semua wilayah itu tenggelam dan bahkan aliran listrik sengaja diputuskan. Rencananya, kita akan pindahkan TPS nya ke Duri. Saya ingin pemilu tahun ini bisa  sukses jangan sampai terhambat karena banjir," ungkapnya.  

Selain bantuan dari Pemerintah, Bupati juga berinisiatif telah mengumpulkan perusahaan untuk mengakomodir apa yang dibutuhkan para korban banjir. Menurutnya, banjir terparah sejak lima tahun belakangan ini sudah ada makan korban.

" Kemarin di Sintong Pusaka sudah ada dua orang  tenggelam. Kita minta para orang tua jangan sampai lepas pantauan anaknya bermain air," ujarnya.  

Menurutnya, ada banjir juga ada  membawa berkah, tapi ada juga banjir membawa musibah. 
Akibat banjir ini, dia menilai mata pencahrian masyarakat jadi terganggu terutama dari nelayan Sungai Rokan

Pantauan dilokasi Bupati sempat berdialog dan meninjau kondisi rumah warga desa Labuhan Papan rusak akibat banjir .Disamping  itu Bupati juga memberikan bantuan sembako kepada warga yang terdampak Banjir 


Selain itu Afrizal mengimbau warga setempat bersabar dan terus berdoa supaya  terhindar dari pada bahaya. Pasalnya  intensitas hujan yang cukup tinggi dan rentan terjadi banjir.

" Banjir kiriman diRohil diduga disebab kan air kiriman dari Rohul. Sedangkan dari banjir dari Rohul berasal dari Sumbar. Kini, di Rohul air sudah surut dua senti dan semoga banjir di Rohil juga bisa ikut surut," ujarnya.(*)  

Syofyan Rambah 

 

 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar