Sambut HUT ke-5 PHR, PEP Lirik Field - PHE Kampar Gelar Pertamina Mengajar di Sekolah Pelosok

Indragiri Hulu – Pertamina EP (PEP) Lirik Field dan Pertamina Hulu Energi (PHE) Kampar menggelar kegiatan Pertamina Mengajar di SDN 028 Talang Sungai Limau, Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, pada Selasa (12/12).

Acara ini digelar untuk berbagi kebahagiaan di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 Pertamina Hulu Rokan (PHR) yang jatuh pada 20 Desember. Meski diselenggarakan di SD, para peserta kegiatan Pertamina Mengajar juga diikuti oleh siswa-siswi SMP Marginal yang menginduk pada SMPN 4 Rakit Kulim, Kecamatan Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

Sebanyak 55 siswa menyambut antusias kegiatan Pertamina Mengajar yang dikemas menyenangkan dan interaktif. Kegiatan diawali dengan penampilan hiburan seni dari siswa SMP Marginal, yakni penampilan Tari Rentak Bulian dan Puisi Suku Talang Mamak. Kemudian para siswa diajak masuk ke ruang kelas masing-masing yang telah dibagi menjadi dua kelas. Kelas 1-3 SD diberi materi dengan teknik mendongeng. Sedangkan kelas 4-6 SD dan 7-9 SMP dibagi materi mengenai AKHLAK serta sharing session tentang cita-cita hingga profesi di Pertamina. Sebanyak tujuh orang Perwira Pertamina memberi inspirasi dan materi tersebut.

Tidak ada kata mengantuk pada saat materi diberikan. Sesuai segmennya, mengajar dengan teknik mendongeng mampu mencuri perhatian anak-anak SD usia 4-7 tahun. Konsep diskusi yang cair juga membuat adik-adik di SD kelas besar dan SMP berani bercerita. Sesekali, materi diselipkan games edukatif yang seru. Misalnya saja ular tangga edukatif jumbo yang asyik dimainkan dengan teriakan-teriakan penyemangat.

Pjs Manager Lirik Kampar Field, Kemas Ghazali menyampaikan, bahwa Pertamina sangat senang bisa membagi energi positif ini. “Senang rasanya bisa berdiri di sini ketemu dengan adik-adik hebat yang luar biasa. Pertamina Energizing The Nation dengan harapan pertamina dapat meng-energize negeri dan bisa memberi dampak yang baik untuk siapapun, serta semoga Pertamina tetap menjadi energi positif bagi lingkungan dan masyarakat di sekitar wilayah kerja perusahaan,” ungkap Kemas.

Pada kegiatan ini PHE Kampar juga memberikan bantuan infrastruktur pembangunan berupa material untuk pembangunan SMP Marginal, yang sebelumnya kondisi sekolah ini sangat minim fasilitas, bahkan kelas yang digunakan sehari hari berdinding kayu, beralaskan tanah dan beratap rumbia. PHE Kampar juga memberikan bantuan fasilitas pelestarian Budaya Suku Talang Mamak berupa baju Tari Rentak Bulian.

Kepala Sekolah SDN 028 Talang Sungai Limau, Asril menyampaikan apresiasinya dan ucapan terima kasih atas segala bantuan yang telah diberikan Pertamina selama ini. SDN ini telah mendapat bantuan pendidikan dari Pertamina sejak tahun 2017. “Harapan saya kegiatan ini dapat berkelanjutan dan dapat menambah pengalaman dari siswa-siswi kami, karena nampak sekali adik-adik sangat antusias dan senang dengan adanya kegiatan Pertamina Mengajar,” kata Asril.

Hal senada diungkapkan Kepala Desa Talang Sungai Limau, Gerno, menurutnya Pertamina juga memberi energi di desanya dari segala sisi. “Selain dari pendidikan selama ini, kami juga dibantu pembangunan infrastrukstur, perbaikan jalan di desa kami dan yang saat ini sedang dikerjakan yaitu membantu SMP Marginal untuk membuat kelas yang layak,” imbuh Gerno.

Menanggapi hal ini, Khemas Ghazali, para Perwira Pertamina dan tim Communication Relations & CID mengungkapkan bahwa itu sudah menjadi komitmen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Pertamina.

Selain kegiatan pembelajaran dan hiburan, pada program Pertamina Mengajar juga dilakukan penanaman pohon dalam rangka mendukung target Net Zero Emission 2060. Pertamina terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina, Regional 1 - Sumatera. (**)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar