EMP Bentu Limited Adakan Training Behavior Based Safety dan SHE Awareness

Area Manager EMP Bentu Limited, Yoyok S Purwanto (duduk paling tengah) bersama pekerja dan mitra kerja perusahaan pada saat pembukaan training Behavior Based Safety dan Safety Awareness di Pekanbaru, 17 November 2023.

PEKANBARU, RIAUBERNAS.COM - EMP Bentu Limited mengadakan pelatihan (training) tentang Behavior Safety dan Safety, Health and Environment (SHE) Awareness kepada pekerja dan mitra kerja perusahaan di Kantor EMP Pekanbaru, Jumat, 17 November 2023.

Kegiatan tersebut dihadiri Area Manager EMP Bentu Limited Yoyok S Purwanto, Production Superintendent Dadi Mulyadi, SHE Officer Adi Kurniawan serta belasan peserta. Training ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama membahas tentang Behavior Based Safety yang disampaikan oleh Dadi Mulyadi. Sesi berikutnya tentang SHE Awarness dengan pemateri Adi Kurniawan.

Dalam sambutannya, Area Manager EMP Bentu Limited Yoyok S Purwanto mengharapkan agar pelatihan ini bisa memberikan pemahaman yang merata kepada seluruh pekerja tentang pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta Lindung Lingkungan (K3LL).  

“Kita ulang-ulang lagi training ini supaya pekerja memahami betul tentang K3LL dan menerapkannya di areal kerja masing-masing," ujar Yoyok.

Dadi Mulyadi dalam pemaparannya memberikan pemahaman mengenai Behavior Based Safety (BBS) karena program ini terbukti menjadi alat yang efektif untuk mengurangi kecelakaan kerja.

Behavior Based Safety adalah upaya pencegahan kecelakaan secara proaktif yang berfokus pada perilaku berbahaya yang berpeluang menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja.

“Kalau aturan sudah baik, standar operasional prosedur (SOP) sudah baik, pekerjaan juga sudah baik, tapi perilaku tidak baik maka hasilnya sama saja dengan nol," ungkap Dadi Mulyadi.

Sementara, Adi Kurniawan dalam pemaparannya menyampaikan tentang bahaya kecelakaan kerja yang sebenarnya tidak perlu terjadi jika pekerja memahami potensi bahaya sebelum melakukan pekerjaan. "Jika terjadi kecelakaan kerja maka akan berdampak kepada pekerja itu sendiri, peralatan kerja bahkan lingkungan sekitar," pungkas Adi Kurniawan. (Sam)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar