Buka MTQ Ke XXII Kecamatan Tualang, Wabup Husni Berharap Tualang Naik Posisi Terbaik Dalam Sejarah

SIAK, RIAUBERNAS.COM - Wakil Bupati Siak Husni Merza berharap Kecamatan Tualang naik posisi dari peringkat ketujuh menjadi posisi terbaik dalam sejarah.

Hal itu disampaikannya saat membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XXII tingkat Kecamatan Tualang di 
Lapangan Pasar Tuah Sepakat Simpang Gambut Pinang Sebatang Barat Kecamatan Tualang, Kamis (8/6/2023).

Menurutnya, Kecamatan Tualang pernah mencapai peringkat terbaik pada MTQ di Kecamatan Sungai Mandau beberapa tahun yang lalu yaitu peringkat kedua.
"Artinya, pernah mencapai terbaik, apalagi saat ini gebrakan atau keseriusan yang dilakukan bapak Camat Tualang mencari mejelis hakim dari Provinsi Riau. Ini sangat luar biasa, Ini Tualang baru mulai, bapak camat pernah sampaikan ke saya untuk meloncat naik, MTQ terakhir posisi ketujuh. Saya menantang Kecamatan Tualang yang jumlah penduduknya luar biasa besar dan hampir setiap kampung melaksanakan MTQ menjadi terbaik dalam sejarah," jelasnya.

Lanjut Wabup, pernah membuka MTQ di Kecamatan lain itu hanya STQ, seperti halnya di Sungai Apit yang kerap juara umum, lurahnya saja melaksanakan STQ, artinya Kampung di Kecamatan Tualang mampu melakukan MTQ. "Inikan luar biasa, artinya semangat panitia, penghulu dan pemerintah Kecamatan Tualang untuk menghasilkan bibit dan qori qoriah terbaik sangat luar biasa. Proses yang dilakukan sangat luar biasa," ujar wabup.

Sekarang tinggal bagaimana prestasi untuk mengukir lagi ditingkat Kabupaten yang dilaksanakan bulan oktober atau November tahun ini di Bungaraya. "Kita juga menunggu MTQ tingkat Provinsi yang rencananya akan dilaksanakan bulan Juli atau Agustus. Nanti hasil MTQ tingkat Kabupaten ini akan jadi utusan MTQ tahun 2024," pungkasnya.

Ketua panitia MTQ ke XXII di Kecamatan Tualang Rudi Hardianto mengatakan, pelaksanaan MTQ dilaksanakan selama 4 hari dari tanggal 8 sampai 11 Juni.

Tema MTQ yang diusung kali ini adalah Dengan Semangat MTQ ke XXII, Kembali Kita Giatkan Semangat Membaca Al Qur'an, Guna Menciptakan Generasi Penerus yang Berakhlaqul Karimah, Menuju Kecamatan Tualang yang Berperadaban, Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghafur.

"Sebanyak 107 peserta yang ikut pada MTQ tingkat Kecamatan Tualang dengan 8 perlombaan," ujar Rudi Hardianto.

Sementara itu, Camat Tualang Mursal S Sos berharap dengan pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan Tualang di Pinang Sebatang Barat. "Prestasi kita bisa meningkat dari pada peringkat sebelumnya yaitu ke tujuh menjadi terbaik. Kami meminta dukungan dan harapan kepada Qori dan Qoriah bisa mendapatkan prestasi terbaik dan membawa Kecamatan Tualang bisa diperhitungkan di tingkat Kabupaten nantinya di Bungaraya," pungkasnya. (infotorial/van)


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar