Lantik 10 PKD se Kecamatan Bunut, Ketua Panwascam Harapkan PKD Bekerja Secara Profesional

PELALAWAN, RIAUBERNAS.COM - Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Kecamatan Bunut  Dafrizal ,S.Ap melantik dan mengambil sumpah Sepuluh Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa se-Kecamatan Bunut, Minggu lalu, (5/2/2023), di ruang Gedung Serbaguna Kelurahan Pangkalan Bunut Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Pelantikan ini dihadiri Kepala Sekretariat, Hendra Wowon beserta staff dan Ketua PPK Bunut, Nazarudin Toha.

Kepada Sepuluh PKD yang diambil sumpahnya, Ketua Panwascam Kecamatan Bunut, Dafrizal S.Ap terlebih dahulu mengingatkan bahwa sumpah yang diucapkan merupakan tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia. Tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan undang undang dasar negara Republik Indonesia.

"Sumpah atau janji ini adalah janji terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia, yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran," katanya.

Usai diambil sumpah, sepuluh PKD kemudian menandatangani fakta integritas untuk bekerja secara profesional, menjaga integritas, indepensi dan netralitas sebagai pengawas pemilu.

Selain itu, PKD juga dituntut untuk tidak melakukan praktek korupsi, kolusi dan nepotisme. Dan menjalankan tugas, wewenang dan kewajiban sebagai PKD dengan sebaik baiknya. Bekerja sungguh sungguh demi tegaknya demokrasi dan keadilan, serta mengutamakan kepentingan NKRI daripada kepentingan pribadi atau golongan.

Dalam sambutannya, Ketua Panwascam Kecamatan Bunut Dafrizal,S.AP menyampaikan selamat kepada PKD yang dilantik dan diambil sumpahnya hari ini.

"Selamat atas pantikan saudara semua, selamat menjadi Pengawas Pemilu di Kelurahan Desa di Kecamatan Bunut," katanya.

Dafrizal mengharapkan kepada semua PKD untuk menyukseskan helat demokrasi serentak tahun 2024 dengan menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalitas dan integritas sebagai pengawas pemilu.

"Setelah dilantik ini, saudara-saudara memikul tanggung jawab untuk menyukseskan pemilu serentak tahun 2024 di wilayah kerja masing masing. Tanggung jawab sebagai pengawas di Kelurahan Desa dimana saudara di tempatkan," ujar Dafrizal

Sementara itu, Camat Bunut Eri, S.Ag meminta PKD bersikap jujur dan adil sesuai dengan sumpah yang diucapkan saat dilantik. Karenna itu, PKD diharapkan bisa mengesampingkan persoalan pribadi namun berfokus pada amanat yang diemban sebagai pengawas pemilu.

"Lakukan komunikasi dan koordinasi dengan lurah dan kades, Kapolsek, Danramil setempat, jadi ketika ada masalah langsung koordinasi agar tidak berkembang," katanya.

Dia menyakini para PKD Kecamatan Bunut yang dilantik ini akan mampu menjalankan tugas sesuai tugas, kewajiban dan wewenang dalam mewujudkan pemilu yang demokratis berdasarkan Undang-Undang yang berlaku.

"Saya yakin saudara saudara PKD ini akan amanah sebagaimana sumpah yang diucapkan tadi," tandasnya.

Komisioner Bawaslu Pelalawan Bustami,M.Pdi dalam sambutannya mengatakan bahwa peran PKD sangat urgen dalam terlaksananya pemilu yang diharapkan, yang damai dan sejuk. Untuk itu harus menjadi perhatian bersama mencegah potensi potensi kerawanan saat pemilu.

"Bangun sinergitas dengan aparat setempat. Bangun hubungan yang baik dengan semua pihak. Bekerjalah dengan komitmen menjaga profesional dan netralitas serta laksanakan tugas, wewenang dan tanggung jawab yg telah diamanahkan," ungkap Bustami,M.pdi.

Diawal sambutannya, Bustami menyampaikan ucapan selamat kepada PKD se Kecamatan Bunut yang baru diambil sumpahnya oleh Ketua Panwascam Bunut. Sepuluh PKD yang dilantik hari ini merupakan yang terbaik dari banyak pelamar dan telah melalui berbagai tahapan hingga sampai di detik ini bergabung sebagai pengawas pemilu.

"Atas nama pribadi dan keluarga besar Bawaslu Pelalawan mengucapkan selamat pada sahabat-sahabat PKD terpilih se-Kecamatan Bunut," ungkapnya

Koordinator divisi pencegahan, Humas dan Parmas Bawaslu Pelalawan ini berharap PKD yang baru dilantik dapat mengemban amanah untuk menyukseskan perhelatan demokrasi di tahun 2024 nanti.

Pada saat yg sama Kapolsek Bunut, dalam hal ini dihadiri oleh Bapak Revi Sofian,SH mengatakan Bahwa Panwaslu Kelurahan dan Desa Sekecamatan Bunut merupakan perpanjangan tangan dari GAKUMDU, Pelaksanaan Pemilu tahun 2024 merupakan pemilu yang dilaksanakan serentak dan ini merupakan pekerjaan yang cukup berat, sehingga perlunya koordinasi masing masing pihak terutama dari pihak kepolisian, dalam hal ini Polsek Kecamatan Bunut.

"Dan kami mengucapkan selamat kepada Panwaslu Kelurahan Desa yang telah dilantik semoga bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pengawas Pemilu Kelurahan dan Desa SE Kecamatan Bunut dalam menyukseskan Pemilu Serentak pada tahun 2024," ungkapnya. (ndy) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar