Dibuka Lima Hari Ke Depan, Kadisdikbud Pelalawan Buka Pameran Mata Uang Kuno

PELALAWAN, RIAU BERNAS.COM - Diresmikan langsung oleh orang nomor satu di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pelalawan, Drs Abubakar FE, pameran mata uang kuno yang ditaja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Riau melalui UPT Museum Sang Nila Utama mulai dipamerkan di halaman Disdikbud Pelalawan sampai lima hari ke depan. 

"Hari ini sampai lima hari ke depan, tanggal 25 November, Disdikbud Pelalawan bekerjasama dengan Museum Sang Nila Utama menggelar Pameran terkait mata uang rupiah. Mata uang rupiah yang dipamerkan ini dari mulai emosi tahun 1945 sampai sekarang," terang Kadisdikbud Pelalawan, Abubakar FE, didampingi Kabid Budaya Pelalawan, Syahrul, pada media ini, Senin (21/11/2022). 

Abubakar menjelaskan bahwa adanya pameran uang kuno ini bisa menjadi salah satu percepatan pendidikan yang ada di daerah ini. Pasalnya, dengan adanya pameran ini para siswa dari tingkat TK sampai SMP dan juga SMA/SMK yang telah menjadi kewenangan provinsi jadi bertambah ilmu pengetahuannya. 

"Dari yang selama ini tak tahu jenis-jenis uang yang pernah ada di Indonesia sejak proklamasi 17 Agustus 1945, kini jadi bisa tahu. Dari jenisnya, perbandingan nilai nominalnya dulu dan sekarang, anak-anak jadi bisa tahu. Karena itu, dalam upacara tadi juga saya sampaikan soal adanya pameran ini karena pameran ini kita buka untuk umum," paparnya. 

Lanjutnya, dalam lembaran mata uang kuno yang dimiliki Indonesia dari dulu sampai sekarang, hakekatnya melambangkan ekspresi keindahan sejarah Indonesia. Ini bisa dilihat dari dalam  lembaran mata uang rupiah itu, tercetak jenis-jenis hewan yang dimiliki negara ini dan juga para pahlawan yang tergambar dalam mata uang rupiah yang dimiliki Indonesia dari dulu hingga saat ini. 

"Harapan kita pameran ini akan makin menambah wawasan bagi anak-anak betapa kaya dan beragamnya jenis mata uang yang kita miliki," tandasnya.

Kabid Budaya Disdikbud Pelalawan, Syahrul, menjelaskan bahwa pameran mata uang kuno ini sudah dilaksanakan Disdikbud Provinsi Riau melalui Museum Sang Nila Utama di enam kabupaten/kota yang ada di Riau. Diantaranya Kabupaten Meranti, Bengkalis, Siak, Inhu, Inhil dan yang terakhir di Kabupaten Pelalawan ini. 

"Kita berharap dengan adanya pameran ini, para pengunjung khususnya anak-anak sekolah dari tingkat TK sampai SMA/SMK bisa mengambil pelajaran bahwa Museum tak hanya menyimpan atau mengkoleksi barang-barang kuno saja tapi juga sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan. Dengan berkunjung ke Museum, kita jadi tahu dan mengenal sejarah budaya nenek moyang bangsa Indonesia yang begitu besar, khususnya Riau," tukasnya. (ndy) 


[Ikuti RiauBernas.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar